UIN MALANG SIAP INTERNASIONALISASI
Iffatunnida Selasa, 8 Oktober 2019 . in Berita . 673 views
2434_wisudahh.jpg

GEMA-Gelaran Wisuda UIN Malang periode ketiga tahun 2019 meluluskan 800 wisudawan program sarjana dan pascasarjana, Sabtu (5/10). Rektor Prof. Dr. Abdul Haris M.Ag. mengukuhkan 305 wisudawan dan 495 wisudawati di Gedung Sport Center. Tidak kurang dari 61 persen wisudawan berhasil memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) berpredikat cumlaude. Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. M. Zainuddin rata-rata IPK periode ini lebih tinggi daripada periode lalu, yaitu 3.66.
Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan UIN Malang bersama enam PTKIN se-Indonesia akan bekerjasama dengan pemerintah Arab Saudi dalam program internasionalisasi kampus. “Total bantuan yang diberikan mencapai satu triliun,” ujarnya. Menurutnya, Kampus Hijau UIN Malang dipilih karena sudah memiliki modal yang mencukupi.
Pasalnya, lanjut rektor, pelajar luar negeri yang melanjutkan studi di kampus ini berasal dari 42 negara dengan jumlah mencapai 373 mahasiswa. “Yang diwisuda hari ini berasal dari Rusia, Malaysia, dan Libya,” lanjutnya.
Rektor menegaskan untuk mendukung program tersebut UIN Malang akan membuka prodi baru program pascasarjana. Salah satunya yang telah mendapatkan izin operasional yaitu S2 Psikologi. “Kami juga akan membuka S2 Teknologi Informasi,” tutur Prof. Haris.
Proses Internasionalisasi, sebenarnya sudah ada di UIN Malang. Sehingga perbedaan bangsa dan budaya tidak menjadi persoalan. Hal tersebut terbukti dengan adanya peristiwa pernikahan antar negara di kampus ini. “Ternyata yang dinikahi mahasiswa Rusia kemarin dari Lamongan,” pungkas Rektor. (ir/nd)

Reporter: M. Khairul Huda

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up