DIGITAL BANKING, WAJAH PERBANKAN MASA DEPAN
Iffatunnida Jumat, 8 November 2019 . in Berita . 938 views
2517_digibank.jpg

GEMA-Jurusan Perbankan Syariah kembali melantik pengurus tiga komunitas internal, yaitu Sahabat Pendamping, El-Dinar Finance, dan Komunitas Entrepreneur. Dilantik langsung oleh Sekretaris Jurusan Ulfi Kartika, pengurus mengemban tugas untuk satu tahun ke depan. Dilaksanakan di Aula Gedung Rektorat lt. 5, kegiatan yang bertajuk Family Gathering 2019 ini juga mengadakan seminar Digital Banking, Rabu (7/11).
Narasumber Raga Birhatinin Alfath mengungkapkan sektor perbankan tidak lagi membutuhkan banyak teller dan customer service. “Yang dicari adalah mindset entrepreneur untuk bisa menjual produk mereka,” jelas praktisi perbankan syariah tersebut. Ia melanjutkan, di masa depan, bank juga akan memangkas sumber daya manusia. Pasalnya, beberapa bank besar seperti BCA dan Bank Artos mulai akuisisi menjadi digital bank. “Bank Artos akan berkolaborasi dengan Gojek, jadi bisa-bisa nanti menabungnya lewat driver,” jelas Raga.
Lulusan Teknik Informatika UIN Malang tersebut juga berpesan agar mahasiswa meningkatkan pengetahuan dan pengalaman. Menurutnya, peluang untuk industri Financial Technology (Fintech) berbasis syariah masih besar. “Kita harus mempersiapkan betul langkah apa yang akan dilakukan untuk industri keuangan ke depan,” tuturnya. Raga menunjukkan beberapa jenis fintech berbasis syariah antara lain Ammana, Igro, Investree, dan Amartha. (ir/nd)

Reporter: M. Khairul Huda

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up