PKPBA ATUR ULANG LOMBA MAHASISWA
Iffatunnida Jumat, 8 November 2019 . in Berita . 472 views
2518_lombaarab.jpg

GEMA-Sejalan dengan motto PKPBA (Program Khusus Perkuliahan Bahasa Arab) yakni pembelajaran Bahasa Arab yang menggembirakan dan membiasakan. Divisi FKM (Forum Kegiatan Mahasiswa) PKPBA pun mengadakan serangkaian acara baik indoor yang dilaksanakan di lingkungan universitas pada akhir semester 1 dan outdoor pada Maret 2020. 
Kegiatan ini terdiri dari berbagai perlombaan seperti, Baca Berita, Iklan Kocak, Pidato, Puisi dan Yel. Semua perlombaan menggunakan Bahasa Arab. Hal itu dimaksudkan agar para mahasiswa mengaplikasikan Bahasa Arab dalam konteks nyata. Perlombaan ini dimulai pukul 14.00 WIB hingga selesai. Semua fakultas mengirimkan delegasi terbaiknya. Para peserta pun sangat antusias dalam mengikuti perlombaan ini. Hal itu tampak dalam Lomba Taqdimul Qissah (5/11), para peserta menggunakan alat peraga serta aksesoris yang total sebagai pendukung cerita.
Namun, setelah berlangsung selama dua hari, perlombaan ini dihentikan sementara karena dirasa kurang efektif baik waktu maupun tempat. Pelaksanannya pun kurang semarak karena waktunya dijadwalkan bergilir per fakultas yang berlangsung sepanjang November. Maka FKM dan para dosen PKPBA pun merombak total kegiatan tersebut dan meringkasnya menjadi dua hari (27-28/11). Perlombaan akan dilaksanakan serentak semua fakultas dengan tempat yang sudah ditentukan. Menurut Haritza Bayu, Ketua Divisi FKM PKPBA perombakan ini dilakukan agar kegiatan dapat berjalan dengan maksimal.“Ketika lomba salah satu fakultas berlangsung, kelas lain yang sedang belajar akhirnya terganggu dan tidak maksimal,” jelasnya. 
Hal senada juga diungkapkan Abdullah Ubaid, salah satu juri dalam perlombaan yang merasa bahwa pelaksanaan acara kurang semarak karena dilaksanakan bergiliran dengan jangka waktu yang terlalu panjang. Perlombaan ini memang menjadi agenda wajib setiap tahunnya untuk mencari dan melatih bibit-bibit juara para mahasiswa baru yang nantinya mewakili PKPBA dalam lomba Bahasa Arab baik di dalam atau di luar kampus. (df/nd)

Reporter: Diah Fitriani

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up