TARBIYAH ISLAMIYAH HARUS HADAPI PERUBAHAN
Iffatunnida Rabu, 6 November 2019 . in Berita . 1518 views
2506_dsc_0689.jpg

GEMA-Saat membuka The Fourth International Conference on Islamic Education (ICIED) di Rumah Singgah, Sekolah Pascasarjana UIN Malang, Kota Batu, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Dr. Uril Bahruddin mengungkapkan pandangannya terhadap pendidikan Islam (6/11). Dengan era yang semakin berubah dan berkembang, ia berharap para pakar dan pelajar Tarbiyah Islamiyah (Pendidikan Islam) juga harus menyiapkan diri.
Tugas mereka, menurut Uril, ialah mendidik dan mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk tetap berpegang pada nilai-nilai Islam di zaman global. Dengan keilmuan dan didikan Islami, ia yakin tidak akan ada generasi muda yang lupa akarnya.
Ia menambahkan, seseorang yang ditempa dengan Pendidikan Islam akan lebih mengenal dirinya. Dengan begitu, ia tahu apa yang tepat untuk dirinya sendiri. “Kita bisa lihat, banyak orang yang tidak mengenal dan tidak tahu ‘menu’ yang tepat untuk dirinya,” jelas Bapak berbadan tegap ini.

2507_dsc_0697.jpg


Ia sangat menyayangkan jika Pendidikan Islam tidak mengambil peran dalam perubahan zaman. “Pendidikan Islam tidak akan berkembang jika tidak bisa menghadapi perubahan-perubahan di masa sekarang,” tuturnya.
Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Dr. Agus Maimun berharap, dengan adanya konferensi yang membahas tema serupa ICIED, ia yakin Pendidikan Islam akan semakin berkembang. “Tentu kita mau Pendidikan Islam menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” harapnya. Ia juga menambahkan, dengan konferensi bernuansa Tarbiyah Islamiyah, akan merangsang orang untuk mau membaca dan peka terhadap persoalan masyarakat yang terkait dengan pendidikan agama. “Kami adakan forum ICIED ini agar bisa mendapat pemikiran-pemikiran cerdas dari generasi muda Indonesia,” katanya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up