UKBI SEMESTINYA JADI SYARAT KELULUSAN
Iffatunnida Selasa, 19 November 2019 . in Berita . 849 views
2534_ukbi.jpg

GEMA-Keempat kalinya Unit BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Kegiatan ini diadakan bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur sebagai penyedia soal dan format ujian. 578 mahasiswa dijadwalkan mengikuti UKBI yang diadakan selama dua hari di Aula Gedung Rektorat lt. 5 (19-20/11).
Ketua BIPA UIN Malang Dr. Dewi Chamidah mengungkapkan bahwa memiliki kemahiran dalam Bahasa Indonesia sama pentingnya dengan bahasa asing yang dipelajari di kampus. Apalagi, Bahasa Indonesia merupakan bahasa bangsa sendiri. “Jadi jika memiliki sertifikat TOEFL dan TOAFL diwajibkan saat kelulusan, seharusnya sertifikat UKBI lebih wajib lagi,” tutur dosen berkacamata ini.
Karenanya, Dewi berharap agar di tahun mendatang, UKBI bukan hanya ujian wajib bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Dengan dukungan seluruh pihak di Kampus Ulul Albab, ia ingin agar semua mahasiswa mengikuti ujian tersebut sebelum prosesi wisuda.
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. M. Zainuddin, MA. diminta untuk membuka pelaksanaan UKBI 2019. Dalam sambutannya, ia menyatakan bahwa Bahasa Indonesia masuk dalam lima besar bahasa internasional. “Jadi jangan ragu menggunakan Bahasa Indonesia dalam forum internasional,” imbuhnya.
Ia melanjutkan, banyak warga negara asing yang tertarik mempelajari Bahasa Indonesia. “Bahasa kita itu simpel dan sangat mudah, tidak banyak perubahan untuk konteks yang berbeda,” paparnya. Terbukti, para peserta in-country program dari Universitas Deakin, Australia yang baru beberapa minggu di UIN Malang sudah lancar bercakap-cakap dengan Bahasa Indonesia.
Selanjutnya, Dr. Zainuddin mengingatkan agar mahasiswa tak lupa mendalami bahasa bangsanya sendiri. Apalagi jika nanti dalam proses penulisan tugas akhir. “Jangan bawa bahasa lisan kalian ke dalam bahasa tulisan saat menulis skripsi. Ada bedanya,” tegasnya.
Turut hadir dalam pembukaan, Kepala Biro AAKK Drs. Heru Achadi Heri. Sementara rombongan dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur dikoordinatori oleh Siti Qomariyah sebagai pengatur pelaksanaan UKBI. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up