URGENSI INTEGRITAS ILMU DALAM DUNIA MODERN
Iffatunnida Selasa, 5 November 2019 . in Berita . 745 views
2505_jimly.jpg

GEMA-Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan kuliah tamu dengan narasumber terkemuka Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, MH., Selasa (5/11). Kuliah tamu ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Syariah di Aula Rektorat Lt. 5.
Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Zainuddin menyampaikan, integritas ilmu harus sesuai visi UIN Malang yang tengah dijalankan. Dimana, metode pengajaran terletak pada penggabungan ilmu umum dengan al Quran dan sunnah melalui metode Integritas Learning Model. “Perlu bagi mahasiswa untuk dapat berpikir secara moderat dan terbuka dalam mengembangkan keilmuan pada era ini,” tegasnya kepada audiens.
Prof. Jimly Asshiddiqie menyatakan, seiring dengan berkembangnya zaman, pikiran pun mengalami perkembangan. Karena sifatnya yang dinamis, maka perlu adanya penyesuaian kontekstual. Fakta di era modern ini, masih ada imprioritas dalam menyikapi integritas ilmu pengetahuan, sehingga banyak masalah yang muncul dalam disiplin ilmu.
Untuk menyikapinya, lanjut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia tersebut, perlu adanya kajian hukum agama dan negara. “Hasil kajian tersebut bisa jadi source of law, bukan hanya rule of law bagi peraturan itu sendiri,” imbuhnya.
Menurut Prof. Jimly, menjadi cendekiawan yang berpikiran modern dan terbuka bukan berarti meninggalkan pengetahuan sebelumnya. Namun, membaharui dan mengembangkan dengan melihat dua sisi disiplin ilmu tekstual dan kontekstual.
Sebelum menutup kuliah tamunya, guru besar Universitas Indonesia ini berpesan empat hal kepada mahasiswa UIN Malang. Pertama, pengembangan integritas ilmu yang telah dilaksanakan UIN Maliki untuk terus dikembangkan. Kedua, menciptakan milieu yang berbudaya nusantara. Ketiga, memiliki keunggulan IMTAQ dalam IPTEK. Keempat, terorganisasi secara baik. “Sesuatu yang hak tanpa organisasi baik dapat mudah dikalahkan kebathilan yang terorganisir dengan baik,” tegas putra bangsa kelahiran Kota Palembang ini. (ofi/nd)

Reporter: Achmad Basofi

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up