KKM: ATUR NIAT DAN JALANI PROSES DENGAN BAIK
Iffatunnida Jumat, 27 Desember 2019 . in Berita . 572 views
2577_kkmniat.jpg

GEMA- Mengingat program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) ialah program wajib UIN Malang, Ketua Unit LP2M, Dr. Tutik Hamidah tak ingin mahasiswa menjalankannya sekadar menggugurkan kewajiban. Maka, pada pelepasan kegiatan yang dihelat di Lapangan Utama tersebut, ia meminta seluruh peserta KKM untuk kembali mengatur niat, Jumat (27/12).
Menurutnya, ini terkait dengan ajaran Nabi saw. bahwa niat adalah pondasi terpenting dalam melakukan segala hal. "Niatkan untuk berbagi dan membantu masyarakat agar yang kalian lakukan mulia," tutur Ibu berkacamata tersebut.
Selanjutnya, masih kata Tutik, niat yang mulia harus diikuti dengan realisasi atau kerja nyata. "Jalani semua proses KKM dengan baik," pesannya. Niat dan proses harus beriringan agar selaras dengan program KKM yang telah dirancang bersama anggota kelompoknya.
Tak hanya itu, pihak kampus pun berharap agar mahasiswa UIN Malang menjaga nama baik almamater selama pelaksanaan KKM 2020. Mahasiswa harus ingat bahwa mereka tidak hanya membawa nama kampus, namun juga membawa identitas Islam sebagai agama mereka. "Jaga dan perhatikan akhlak kalian selama di tempat KKM," tegasnya.
KKM periode ini dilaksanakan hingga 27 Januari 2020 di Kabupaten Malang dan Kota Batu. Jumlah desa tempat pelaksanaannya ialah 188. Menurut data Unit LP2M, jumlah mahasiswa peserta KKM yang diberangkatkan ialah 2973. Ada beberapa tugas utama yang harus dilakukan yakni program peta rintisan dakwah, program religiusitas, program seni, program usaha ekonomi kreatif dan wisata, serta program lingkungan hidup.
Ketua Unit LP2M juga menambahkan bahwa sesuai amanah gubernur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menitipkan program Brantas Tuntas. Program ini ditujukan untuk merubah imej Sungai Brantas yang tercatat sebagai salah satu sungai terkotor di Indonesia. Program Brantas Tuntas meliputi pembersihan, penghijauan, dan edukasi masyarakat sekitar sungai. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up