MA MAARIF NU BANGIL BELAJAR JURNALISTIK DI UIN MALANG
Iffatunnida Senin, 23 Desember 2019 . in Berita . 627 views

 

2566_ma-maarif-bangil.jpg
SEMANGAT: Siswa MA Maarif NU Bangil saat mengikuti pelatihan jurnalistik di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Senin (23/12).

GEMA-Beda dengan siswa sekolah menengah lainnya, 35 siswa MA Maarif NU Bangil tidak berhenti belajar saat liburan semester. Para siswa yang tergabung dalam Tim Jurnalistik sekolah tersebut mengunjungi dapur redaksi Tabloid Gema UIN Malang untuk mengetahui proses penerbitan informasi di lingkungan kampus, Senin (23/12). Tim Tabloid Gema menyambut hangat para siswa yang didampingi lima guru pembina itu di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat lt.4.

2567_ma-maarif-nu-2.jpg
SERIUS: M. Anwar Firdausi saat mengenalkan GEMA Media Publikasi Kampus kepada siswa MA Ma’arif NU Bangil, Senin (23/12).


M. Anwar Firdausy, Pimpinan Redaksi Tabloid Gema, menjelaskan bahwa peran tim jurnalis dalam suatu institusi sangat krusial. Tanpa adanya pewarta, maka suatu institusi tak akan nampak di masyarakat umum. "Bukti eksistensi tidak akan ada. Seberapa besar pun institusi tersebut, ia akan mati," lugasnya.
Tugas utama jurnalis dalam institusi, lanjutnya, tidak jauh berbeda dengan jurnalis di media massa pada umumnya. Yakni, mempublikasikan segala hal yang terjadi di sekitarnya. "Kalau di kampus atau sekolah, jurnalis juga harus mempublikasikan kebijakan atau aturan baru yang baru diresmikan pimpinan," imbuhnya.
Tak hanya menjelaskan jurnalistik dalam institusi, tim Tabloid Gema juga memberi simulasi bagaimana setiap harinya suatu berita diproses. Mulai dari menyiapkan bahan tulisan dan foto untuk diunggah di laman resmi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, membuat materi untuk sosial media resmi kampus, hingga layout tabloid fisik.
Emilia Khusnul Khotimah, Guru Bimbingan Konseling sekaligus pembina Majalah El-Kalam menyatakan bahwa peserta kunjungan redaksi ialah anggota baru yang masih belajar Jurnalistik dasar. “Kami ingin agar Redaksi El-Kalam lebih baik lagi,” harap guru berkacamata tersebut. Di akhir acara, tim Tabloid Gema juga mengadakan tanya jawab dengan para jurnalis sekolah tersebut dan membagikan beberapa hadiah. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up