KKM 2020: MEMBATIK IKAT CELUP BERSAMA SISWA MI
Iffatunnida Jumat, 24 Januari 2020 . in Berita . 705 views
2596_batikkm.jpg

GEMA-Kelompok 133 KKM UIN Malang mengabdi menutup kegiatannya dengan program kerja unggulan berupa pelatihan membatik ikat celup. Pelatihan ini diikuti siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah. Bertempat di MI Nurul Ulum Desa Karanganyar, kelompok KKM ini mengisi pelajaran membatik untuk kelas 6, Jumat (24/1).
Nuzul Fikriyyah, salah satu pengajar MI, merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan tersebut. “Kebetulan saya sedang mencari pengajar batik dan ternyata mahasiswa KKM UIN Malang juga memiliki proker ini,” ungkapnya sumringah.
Batik ikat celup sendiri memiliki tingkat kesulitan yang cukup bisa diatasi untuk anak seusia SD/MI. Proses membuatnya pun hanya membutuhkan bahan dan alat sederhana. Yaitu kain putih polos, karet gelang, dan pewarna.
Fahma Febriyanti, salah satu mahasiswa KKM, menjelaskan bahwa kesulitan memberikan pelatihan bagi anak usia MI tidak terlalu sulit. Jika berbicara pada anak-anak harus menggunakan bahasa santun dan mudah dipahami. “Senang sekali mendapat pengalaman baru membatik dan langsung terjun memberikan pelatihan seperti ini,” ungkap mahasiswi Jurusan Bahasa dan Sastra Arab tersebut. (aqa/nd)

Pewarta: Alfiyah Qurrotu Ayunina - Peserta KKM Jurusan PIAUD

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up