BENARKAH TEKNOLOGI MENINGKATKAN PEMBELAJARAN?
Iffatunnida Kamis, 20 Februari 2020 . in Berita . 711 views
2624_pkpbi1.jpg

GEMA-Mengawali materinya dengan pertanyaan singkat tersebut, Prof. Bambang Yudi Cahyono, Ph.D. berbagi mengenai TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge), Kamis (20/2). Makin eratnya pelajar atau mahasiswa dengan gawai, membuat para akademisi memutar otak agar gawai tetap bisa digunakan saat proses belajar.
Lebih khusus, Prof. Yudi, sapaan akrab pemateri, menuturkan untuk memasukkan teknologi dalam kelas English for Specific Purposes (ESP) di universitas. Tidak semua produk teknologi dimanfaatkan dalam pembelajaran. Dosen harus pintar memilih media mana yang lebih akrab di kalangan mahasiswa. “Mellihat survey di tahun 2019, YouTube dan WhatsApp menjadi media populer di kalangan pemuda Indonesia,” jelasnya.
Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) tersebut melanjutkan, dua media itu sangat tepat jika dimanfaatkan di kelas ESP. Video-video yang terunggah di laman berbagi video YouTube tentu bisa dipilih untuk menjadi materi kelas. “Jika ada yang mengajar kelas persiapan pramugari, video-video profil tentang pramugari tentu akan menjadi materi yang pas,” imbuhnya.
Setelah memberi waktu mahasiswa untuk mencari video yang sesuai dengan jurusannya, dosen dapat memberi tugas melalui aplikasi WhatsApp. “Minta mereka untuk membagi tautan video dan setelah itu mereka juga diminta mempresentasikan isi video yang didapat,” papar mantan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Pascasarjana UM ini.
Selanjutnya, mahasiswa juga diminta untuk menuliskan konten video beserta opini mereka dalam bentuk esai singkat. “Ini agar kelas ESP benar-benar mengkombinasikan visual, listening, speaking, dan juga writing skills mahasiswa,” ucapnya di akhir sesi.
Prof. Yudi menjadi salah satu pemateri dalam workshop tahunan yang digagas Program Khusus Perkuliahan Bahasa Inggris (PKPBI), Unit Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim. Workshop ini ditujukan tidak hanya untuk dosen di PKPBI, namun juga membuka peluang bagi dosen di luar kampus untuk mengembangkan keterampilan pedagoginya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up