KEBENCIAN: TERORISME ZAMAN MODERN
Iffatunnida Kamis, 20 Februari 2020 . in Berita . 604 views
2622_psgaeks.jpg

GEMA-Aktivis perempuan dan anak di wilayah Jawa Timur hadir dalam Kursus Singkat “Perempuan dan Pencegahan Ekstremisme” yang dihelat Pusat Studi Gender dan Anak UIN Malang, Rabu (19/2). Bekerjasama dengan The Asian Muslim Action Network (AMAN), suatu lembaga aktivis perempuan dan anak global, PSGA berbagi wawasan mengenai ekstremisme juga pencegahan dan penanggulangannya. Ruby Kholifah, Direktur AMAN Indonesia, menjadi pembicara utama di acara yang bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Rektorat lt. 3 tersebut.
Menurut Ruby, untuk memisahkan istilah terorisme yang sering dikaitkan dengan gerakan keagamaan, pihaknya menggunakan istilah ekstremisme. “Karena walau sering dikaitkan dengan agama, buktinya teror juga dilakukan orang di negara Barat dan tidak berhubungan dengan agama,” jelasnya.
Di zaman modern ini, bentuk terorisme atau ekstremisme pun semakin berkembang. Ada juga ekstremisme yang tidak disadari sering dilakukan oleh banyak kalangan. “Salah satunya ialah rasa kebencian,” tutur Ruby. Banyaknya kritik yang dilontarkan pada pemerintahan oleh sekelompok orang, terkadang keluar dari tujuan awal kritik itu sendiri. “Awalnya ingin memberi masukan, namun berujung pada hal yang negatif,” jelasnya.
Pendapat yang dikemukakan dengan cara yang tidak benar akhirnya menjadi sebuah gerakan menggiring opini yang juga meracuni pikiran kaum awam. Akibatnya, kehidupan bernegara diliputi rasa negatif.
Di sinilah, menurut Ruby, peran sebuah organisasi non-ekstremisme untuk mengedukasi masyarakat. “Kita ajarkan untuk membedakan kritik dan benci,” tegasnya. Suatu kritik harusnya membuahkan hasil yang positif. Sebaliknya, rasa benci yang ditunjukkan secara kontinyu akan menimbulkan fitnah yang besar. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up