KELOLA LINGKUNGAN AGAR TIDAK BERMASALAH
Iffatunnida Jumat, 21 Februari 2020 . in Berita . 366 views
2629_risetmasy5.jpg

GEMA-Dalam Workshop Metodologi Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset, Unit LP2M mengundang Ir. Zuhdi, MT. dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur sebagai pemateri, Jumat (21/2). Ia menuturkan, setelah dilantik menjadi Gubernur Jatim, hal utama yang dilakukan oleh Khofifah Indar Parawansah ialah memeriksa area hulu-hilir Sungai Brantas.
Hasilnya, masyarakat sekitar sungai memiliki edukasi yang kurang. Terutama dalam pengelolaan lingkungan hidup. Tak heran, sungai di Jatim juga masuk sebagai salah satu yang terkotor di Indonesia. Dampak negatifnya ialah, area-area sekitar sungai sering longsor hingga terhantam banjir walau curah hujan tidak tinggi.
Dari sekian program kerja yang dirancang, gubernur Jatim juga menjadikan lingkungan hidup sebagai isu prioritas. “Setidaknya ada lima hal yang menjadi fokus di area ini,” tutur Zuhdi. Kelima hal itu ialah, pengelolaan sumber daya air, pengelolaan sampah dan limbah B3, pengelolaan sumber daya lahan, pengendalian pencemaran udara, dan pengelolaan wilayah pesisir.
Tentu pemprov tidak bisa melakukan semua ini sendiri. Dengan banyaknya perguruan tinggi di wilayah Jatim, pemprov turut mendorong kegiatan penelitian yang fokus pada pemberdayaan masyarakat. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up