REKTOR: AJARKAN HASIL RISET, BUKAN BUKU
Iffatunnida Jumat, 21 Februari 2020 . in Berita . 401 views
2625_risetmasy1.jpg

GEMA-Bergeliatnya riset dalam arahan Unit Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), dosen-dosen di UIN Malang pun makin antusias. Pada Workshop Metodologi Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset, sebanyak 80 dosen dari berbagai fakultas menyimak rangkaian materi dari narasumber di bidangnya, Jumat (21/2).
Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. turut hadir untuk membuka resmi acara tersebut. Ia mengapresiasi para dosen yang semangat melakukan riset. Pasalnya, riset merupakan hal utama yang dilihat asesor saat menilai suatu perguruan tinggi. Dengan tingginya kegiatan riset, tentu kampus akan ikut terangkat pamornya.
Tak hanya itu, ia menuturkan bahwa sudah seharusnya riset menjadi rujukan saat melakukan pembelajaran. “Yang diajarkan ke mahasiswa itu ya hasil riset, bukan hanya materi yang tertulis dalam buku-buku,” tegasnya. Mengajarkan hasil penelitian kepada mahasiswa, tentu akan memperlihatkan fakta dibalik teori yang diajarkan dalam kelas. Mahasiswa juga akan lebih paham pemakaian suatu teori di masyarakat.

2626_risetmasy2.jpg


Ketua LP2M, Dr. Tutik Hamidah mengungkapkan bahwa kegiatan penelitian kali ini sejalan dengan program pemerintah daerah. “Sekarang pemerintah kita sedang bergeliat membangun desa-desa agar tidak ada lagi istilah desa tertinggal dan tak tersentuh pembangunan,” jelasnya.
Ibu berkacamata tersebut melanjutkan, di seluruh perguruan tinggi, kegiatan penelitian diharuskan merujuk pada program pemerintah provinsi hingga daerah setempat. Khususnya penelitian yang melibatkan pembangunan kualitas masyarakat. “Semua harus linier. Harus sejalan,” lugas Bu Tutik, sapaan akrabnya.
Workshop dari Unit LP2M ini dilaksanakan selama dua hari (21-22/2). Hari pertama dilakukan dalam kampus, tepatnya di Home Theatre Fakultas Humaniora. Sedangkan hari kedua, seluruh peserta mendapatkan materi di Kantor Desa Tlekung, Kota Batu objek penelitian pengabdian masyarakat tahun ini. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up