WALIKOTA DEWANTI: SINERGIKAN VISI KOTA DAN PROGRAM KKM
Iffatunnida Senin, 17 Februari 2020 . in Berita . 357 views
2616_dewanti1.jpg

GEMA-Dalam Expo KKM UIN Mengabdi 2020, Walikota Batu Dewanti Rumpoko, M.Si. memberikan apresiasi atas program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) yang digagas UIN Malang, Senin (17/2). Ia menuturkan, program tahunan ini sangat bersinergi dengan visi kota yang ia pimpin. Yakni memberdayakan masyarakat agar menjadi lebih mandiri dimulai dari tingkat pedesaan.
Tak hanya itu, dengan adanya sumbangsih keilmuan dari mahasiswa, pemerintah Kota Batu dapat dengan mudah mengeksekusi dana yang digelontorkan pemerintah pusat. Dana yang didapatkan oleh setiap desa ini tergolong banyak. Untuk desa di Kota Batu saja, masing-masing desa dipercaya mengelola minimal Rp. 4,5 Miliar. “Sayangnya, di tahun sebelumnya, dana tersebut harus dikembalikan karena tidak ada program bagus yang dilaksanakan,” imbuhnya.

2617_dewanti2.jpg


Dewanti melanjutkan, walaupun ada sejumlah dana yang terserap, kegiatan yang digagas masyarakat kurang memberi manfaat jangka panjang. Maka, saat tahu bahwa UIN Malang berniat menjadikan desa-desa di Kota Batu sebagai tempat KKM, pihaknya menyambut positif. “Dengan sumbangsih pemikiran hasil belajarnya mahasiswa UIN Malang, ada program-program unggulan yang nantinya menguntungkan pihak desa juga Kota Batu,” tuturnya.
Masih kata Dewanti, ia yakin, segala hal yang dilakukan mahasiswa UIN Malang selama KKM di wilayah manapun akan meninggalkan kesan. Terutama, ide-ide yang dikeluarkan demi pembangunan masyarakat pedesaan. “Jika ide yang disumbangkan dapat direalisasikan dalam jangka panjang, pastinya ini jadi amal jariyah juga bagi adik-adik mahasiswa,” harapnya.
Expo KKM UIN Mengabdi 2020 tak hanya wadah memamerkan produk hasil KKM selama sebulan. Namun juga dijadikan ajang perlombaan. Setiap perwakilan di 18 tingkat kecamatan tampil mempresentasikan program kerja juga unggulannya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up