DENGAN ‘BISMILLAH’, COVID-19 HILANG
Iffatunnida Senin, 30 Maret 2020 . in Berita . 667 views
2676_talkshowke3.jpg

GEMA-Selama masa lockdown dari pemerintah pusat, Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris membuat beberapa acara dadakan dengan jumlah partisipan terbatas. Salah satunya ialah Talkshow Interaktif yang dilakukan di halaman depan Gedung Rektorat. Talkshow dilakukan tanpa atap karena dilakukan sambil berjemur menyerap Vitamin E dari sinar matahari. Rektor bertindak langsung sebagai pembawa acara sedangkan narasumber ialah dosen-dosen UIN Malang.
Dalam talkshow episode ketiga, Senin (30/3), narasumber yang dihadirkan ialah dr. Abdul Malik (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan), Dr. Sri Harini (Fakultas Sains dan Teknologi), Dr. Siti Mahmudah (Fakultas Psikologi), dan Dr. Isroqunnajah (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan). Topik utama masih sekitar Covid-19 (Corona Virus Disease) dan pencegahannya.
Dalam pemaparannya, dr. Malik menjelaskan kampanye sosialisasi pencegahan Covid-19 yang sudah disebarkan di media sosial dan juga dalam bentuk poster. Kampanye tersebut ialah mencegah Corona dengan ‘BISMILLAH’. “Tapi bukan berarti hanya dengan ucapan basmalah lantas virus tersebut musnah,” imbuhnya.
Ia melanjutkan, BISMILLAH ialah akronim yang memuat tindakan pencegahan. Tak hanya pencegahan yang disarankan pemerintah, tapi juga yang sesuai dengan syariat Islam. Berikut adalah penjelasan dari kampanye yang disampaikan dr. Malik.
B : Berdiam diri di rumah
I : Istighfar kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan
S : Social distancing (pencegahan utama)
M : Mencuci tangan dengan rutin dan sempurna
I : Ikuti maklumat dari pemerintah
L : Laporkan kepada satgas jika demam/panas di atas 38 derajat
L : Laporkan kepada satgas jika batuk mendera
A : Apalagi dari kota yang positif terjangkit Corona
H : Hanya kepada Allah kita berserah diri.

Malik menekankan pada huruf H di akhir BISMILLAH. Menurutnya, segalanya yang ada di dunia ini datangnya dari Allah swt, termasuk wabah pandemi Covid-19. Maka, sebagai hamba yang taat, sudah sepatutnya umat manusia berserah diri. “Semoga wabah ini segera diambil kembali oleh Allah dan kita semua senantiasa dalam Ridho dan perlindungan-Nya,”doanya. (ptt/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up