GREEN SUKUK INDONESIA UNGGUL
Iffatunnida Senin, 9 Maret 2020 . in Berita . 465 views
2653_greensuk2.jpg

GEMA-Sejak 2019, indeks Ekonomi Syariah Indonesia melesat di posisi nomor wahid dunia. Menurut Kepala Direktorat Pengembangan Pasar Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Dwi Irianti Hadiningdyah, MA., prestasi ini karena besarnya peran SBSN.Hal ini disampaikan saat ia mengisi kuliah tamu yang dihelat Jurusan Perbankan Syariah di Gedung Rektorat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jumat (6/2).

Beberapa tahun belakangan, pendanaan dari SBSN Indonesia fokus pada Green Sukuk. “Hasil penerbitan sukuk ini ditujukan untuk membangun proyek yang ramah lingkungan sebagai bentuk penanggulangan iklim yang ekstrim,” jelas Dwi.
Salah satu contohnya ialah SBSN yang diterbitkan untuk pengembangan kampus tiga UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sesuai dengan desain yang dirancang kampus, konsep pembangunan gedung untuk Jurusan Pendidikan Kedokteran dan Jurusan Farmasi ialah Green Building. “Bangunannya nanti sudah tidak menggunakan lampu dan listrik,” imbuhnya.
Karena semakin unggulnya Indonesia dalam pengelolaan Green Sukuk, sudah ada tujuh penghargaan internasional yang didapat pemerintah. Tak hanya itu, negara-negara lain pun menjadikan Indonesia sebagai acuan untuk menerbitkan Green Sukuk. “Mereka undang kita dalam proses penerbitan Green Sukuk tersebut,” tutur Dwi.
Program ini tidak cuma menarik bagi praktisi keuangan internasinal. Para mahasiswa yang mempelajari keuangan pun mengajukan diri untuk melaksanakan riset. “Sudah ada beberapa mahasiswa negara lain yang ingin meneliti pengembangan sukuk di Indonesia,” jelas alumni Jurusan Hukum Universitas Diponegoro, Semarang tersebut. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up