STERILISASI DIRI DENGAN KAVi
Iffatunnida Senin, 23 Maret 2020 . in Berita . 1023 views
2672_kavi1.jpg

GEMA-Tak ingin berdiam diri saja selama masa lockdown, UIN Malang mengenalkan inovasi terbaru untuk membantu pemerintah memutus rantai Covid-19 (Corona Virus Disease). Salah satunya ialah pembuatan Room Screening yang dinamai KAVi (Kabut Anti Virus). Ini adalah alat berupa ruangan kecil cukup untuk dimasuki satu orang yang digunakan untuk sterilisasi secara menyeluruh dari kepala hingga kaki.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Isroqunnajah menjelaskan penamaan KAVi diambil dari isim fa'il kata 'kaafii' yakni 'kaafi'. Secara denotatif, kata itu berarti mencukupi atau memenuhi. KAVi juga diambil dari akar kata 'kaffa' yang berarti sesuatu yang menolak. "Sehingga jika dimaknai, KAVi ini berarti sesuatu yang cukup untuk menolak virus," jelas Gus Is, sapaan akrabnya. Penamaan ini sekaligus sebagai doa juga ikhtiar yang dilakukan UIN Malang untuk memutus penyebaran Covid-19.
Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. menuturkan bilik KAVi ini sangat menghemat penggunaan cairan sanitizer. "Untuk sekali penyemprotan di seluruh tubuh, tidak butuh banyak cairan namun sangat merata," ujarnya. Pasalnya, KAVi tidak dalam bentuk spray melainkan uap yang berpartikel sangat kecil. Alat ini pun sangat efektif, mudah, dan yang pasti murah.
Wakil Rektor Bidang AUPK Dr. Ilfi Nurdiana menjelaskan pembuatannya. KAVi membutuhkan bilik kecil, humidifizer yang telah dimodifikasi untuk merubah air menjadi kabut, selang penghubung humidifizer ke bilik, dan cairan sanitizer berkadar alkohol 70% sebanyak 1 liter.
Cara kerja KAVi sangat mudah. Selama selang penghubung dipasang dengan baik, maka humidifizer bisa dinyalakan. Dengan begitu, kabut dari sanitizer akan masuk dan memenuhi bilik. "Satu liter cairan sanitizer bisa digunakan selama 5 hingga 7 jam," jelasnya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up