COVID-19 HAL BAIK DARI ALLAH
Iffatunnida Jumat, 3 April 2020 . in Berita . 402 views

 

2685_talksuf.jpg

GEMA-Setelah membahas Covid-19 (Corona Virus Disease) dengan pakar Ilmu Kedokteran dan Sains di talkshow sebelumnya, kali ini Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. mengundang pakar di Bidang Keislaman, Kamis (2/4). Dr. Badruddin, salah satu pemateri menyatakan Covid-19 tetap harus disikapi dengan baik.
Ia beralasan bahwa segala sesuatu di alam yang merupakan ciptaan Allah adalah baik. “Entah hal tersebut dipandang manusia sebagai kebaikan atau musibah,” imbuhnya. Ia mengaitkan ini dengan Rukun Iman yang keenam. “Artinya, apapun takdir yang diberikan Allah, suka atau tidak, semua adalah demi kebaikan,” tutur Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Syariah itu.
Ia melanjutkan, Allah menakdirkan baik buruk untuk hambanya dengan tetap memperhatikan human scale (skala manusia). “Sehingga Allah tahu, meski itu musibah, Dia tahu manusia masih mampu mengatasinya,” jelas dosen berkacamata tersebut. Sehingga, Muslim harus senantiasa meneguhkan iman agar apapun cobaannya, akan dapat dilalui dengan baik.
Tema talkshow rutin ini ialah “Perspektif Sufisme Menghadapi Covid-19”. Selain Dr. Badruddin, ada juga beberapa pemateri lain, yakni Dr. Ahmad Muzakky dan Dr. Halimi Zuhdi (Fakultas Humaniora). Tak ketinggalan juga dosen dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dr. Dharsim. (ptt/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up