KOMITMEN UIN MALANG UNTUK ‘TIDAK MATI’
Iffatunnida Senin, 6 April 2020 . in Berita . 700 views
2686_nodie1.jpg

GEMA-Dalam masa lockdown yang mencapai minggu ketiga, tentu banyak kinerja yang mengalami hambatan di beberapa instansi pemerintahan. Termasuk juga UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai institusi pendidikan tinggi. Sesuai instruksi Kementerian Agama sebagai payung yang menaungi kampus, seluruh aktivitas mahasiswa diubah ke sistem dalam jaring (daring/online). Hal ini termasuk kegiatan pembelajaran, konsultasi tugas akhir, hingga beberapa ujian. Kegiatan ekstrakurikuler dihentikan hingga informasi resmi selanjutnya dari Kemenag.

2684_penyerahan-kavi.jpg


Namun, rektor UIN Malang beserta jajaran pimpinan ingin agar kampus tetap bernafas. Karenanya, beberapa kegiatan kecil tetap dilakukan. Pertama, inovasi KAVi (Kabut Anti Virus) tetap berjalan. Bilik penyemprotan disinfektan ini diproduksi tak hanya untuk kepentingan internal. Pihak kampus bahkan memproduksi beberapa bilik untuk disumbangkan ke pesantren-pesantren sekitar kampus. Plus, cairan disinfektannya tentunya.
Kedua, kegiatan talkshow yang dilaksanakan secara open space alias tanpa atap. Beberapa kali dalam seminggu, rektor mengundang dosen-dosen UIN Malang untuk mengadakan diskusi kecil di halaman depan Gedung Rektorat. Rektor sendiri yang selalu bertindak sebagai host handal dalam talkshow tersebut. Jangan khawatir, penataan kursi bagi narasumber hingga penonton tetap memperhatikan aturan physical distancing dari pemerintah.
Hal ketiga ini agaknya menjadi hal yang tidak ingin ditunda oleh UIN Malang. Di awal tahun, rektor UIN Malang menyatakan dengan tegas bahwa 2020, kampus harus memiliki setidaknya lima guru besar. Kegiatan klinik penulisan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Namun, tahap-tahap akhir justru terhambat karena lockdown.
Tak ingin mematahkan semangat para calon guru besar, pihak kampus pun melakukan tahap akhir sebagai syarat keprofesoran secara daring. Audiensi melalui teleconference antara pihak Ristek-Dikti dengan calon profesor pun dilakukan dengan lancar. Sehingga, kabar baik akan didengar di tengah masa suram lockdown ini.
Semoga apapun usaha para pimpinan dapat berimbas positif bagi kemajuan kampus. Dengan dukungan moral seluruh sivitas akademik, masa lockdown tidak akan ‘mematikan’ UIN Malang seutuhnya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up