ORMAS ISLAM: TETAP BERGERAK SAAT PANDEMI
Iffatunnida Rabu, 22 April 2020 . in Berita . 422 views
2727_ormasgerak.jpg

GEMA-Penanggulangan dan pencegahan Covid-19 (Corona Virus Disease) tak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah melalui dinas kesehatan. Organisasi masyarakat (ormas) pun turut berpartisipasi aktif membantu pemerintah dalam memberi sosialisasi dan tindakan preventif. Hal ini dituturkan oleh perwakilan ormas Islam maupun daerah saat diundang dalam Talkshow bersama Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. di halaman depan Gedung Rektorat, Rabu (22/4).
Seperti yang dituturkan Mujahidin Ahmad, M.Sc. (Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Malang), pihaknya melaksanakan beberapa program. Pertama, melakukan penyemprotan disinfektan di 152 titik. Selanjutnya, IPM Malang juga memberi 157 APD kepada tenaga medis plus membagi 2.504 buah hand sanitizer gratis. “Selain yang berhubungan dengan medis, kami juga membagi 3.200 paket sembako serta 7.500 butir telur dari dana yang terkumpul sebanyak 118 juta rupiah untuk penanggulangan Covid-19,” lanjutnya.
Ahmad Farih Sulaiman, S.Pd., Ketua GP Ansor Kota Malang juga menjabarkan bahwa program utama sudah terlaksana. Yakni melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa titik. “Khususnya di pesantren dan masjid. Kami juga membagi hand sanitizer gratis untuk masyarakat Malang,” paparnya.
Hal senada juga dilakukan KNPI Kota Malang. Menariknya, organisasi mahasiswa asal Papua lah yang bergerak langsung untuk melakukan penyemprotan disinfektan. “Khususnya di daerah Dinoyo yang selama ini memang ada gap antara mahasiswa asal Papua dan masyarakat setempat,” jelas Hutama Budi Hindarta, SH.
Dari kalangan dosen muda, Aprilia Mega Rosdiana, M.Si. menyampaikan bahwa pihaknya bergerak di wilayah edukasi. Ia dan tim melakukan kampanye berdasar himbauan pemerintah. “Khususnya kampanye untuk Stay at Home yang masih sering dilanggar oleh masyarakat,” imbuh dosen UIN Malang tersebut. (kh/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up