SYIAR RAMADHAN: BAHAGIA TIDAK DATANG SENDIRI
Iffatunnida Jumat, 8 Mei 2020 . in Berita . 853 views

 

2730_syiba.jpg

GEMA-Tidak ada manusia yang tidak menginginkan hidup bahagia. Bahkan, Islam menegaskan kepada umat manusia untuk mengupayakan kebahagiaan bagi diri mereka. Pasalnya, tidak ada kebahagiaan yang datang tanpa adanya usaha. Hal ini dituturkan Fahim Khasani, MA. dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Malang dalam Syiar Ramadhan bersama JTV, episode “Al Quran dan Kebahagiaan”, Jumat (8/5).
Fahim melanjutkan, pencarian kebahagiaan oleh manusia sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, pencarian tersebut dirasa tak pernah selesai. Selalu saja dirasa ada yang menjadi penghalang besar dalam perjalanannya. Sifat serakah manusia disinyalir berperan dalam rumitnya pencarian kebahagiaan. Maka, di sini lah peran Islam untuk mengedukasi manusia. “Ulama Sufi menyatakan bahwa bahagia akan didapat jika kita tuma’ninatun nafs, yakni memiliki jiwa yang tenang,” jelasnya.
Hal ini, lanjut Fahim, seiring dengan salah satu ayat dalam al Quran bahwa ketika manusia ingin tenang maka ia harus memiliki hayah thoyyibah (hidup yang baik). Ini dapat diraih dengan melakukan perbuatan-perbuatan baik. Dengan melakukan hal baik, maka ada kedamaian dalam diri seseorang. “Apalagi jika dilengkapi dengan keimanan,” imbuhnya.
Dr. Rifa Hidayah, narasumber dari Fakultas Psikologi UIN Malang pun membagi resep kebahagiaan berdasar perspektif keilmuannya. Hal yang ia tekankan adalah, manusia tidak boleh berlebihan akan suatu hal. “Termasuk ketika sedih atau membenci seseorang yang dapat memunculkan dendam mendalam,” tambahnya.
Tak hanya itu, alih-alih mendoakan kehidupan sendiri, ia lebih menyarankan agar manusia patutnya mendoakan kebahagiaan orang lain. Ia yakin, dengan begitu, akan ada energi positif yang dapat memunculkan rasa senang. “Selain itu, tentu kita harus menjalani hidup dengan optimis dan selalu berpikiran positif akan takdir Allah,” paparnya.
Dalam episode kali ini, selain Fahim dan Rifa, dua narasumber lain yang dihadirkan ialah Dr. Badruddin (Fakultas Syariah) dan Dr. Nurhadi (Magister-PBA). Sama seperti biasanya, Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. bertindak langsung sebagai host. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up