ZAINUT TAUHID: BUKTI FLEKSIBILITAS AJARAN ISLAM
Iffatunnida Selasa, 26 Mei 2020 . in Berita . 3360 views
2741_hbhol1.jpg

GEMA-Melalui aplikasi teleconference Zoom, Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi memberikan wejangan dalam Halal bi Halal daring yang dilakukan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Selasa (26/5). Dalam konferensi virtual yang dihadiri ratusan dosen dan karyawan tersebut, ia menerangkan betapa indahnya beragama di tengah pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease). “Di sini kita lihat fleksibilitas dari penerapan hukum Islam yang kita imani,” tuturnya.
Menurutnya, fleksibilitas tersebut berkaca pada ajaran ulama terdahulu bahwa dalam beribadah tidak perlu menyulitkan diri sendiri. Ada kondisi normal dan juga tak normal saat melakukan ibadah. “Di tengah pandemi ini, sifat fleksibilitas tersebut menjadi pedoman ulama kini untuk mengkaji ulang cara beribadah agar tetap pada esensi dan tidak menyalahi syariat,” paparnya.
Ia menjelaskan bahwa kondisi tak normal atau darurat membuat umat agama manapun untuk menyesuaikan tata cara ibadah. “Sholat Jumat, Sholat Id, dan acara keagamaan lain yang biasa dilaksanakan bersama-sama menjadi tidak biasa saat pandemi,” ujar Bapak kelahiran 1963 di Jepara ini.
Ia tidak ingin ada yang mengabaikan anjuran pemerintah hanya demi memaksakan diri melaksanakan ibadah secara normal. Semua anjuran pemerintah tentu sudah melalui diskusi yang matang dengan berbagai pihak sehingga sepatutnya warga negara tunduk dan patuh demi keselamatan jiwanya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up