ZAINUT TAUHID: WFH FOKUS PADA HASIL KINERJA
Iffatunnida Selasa, 26 Mei 2020 . in Berita . 631 views
2742_hbhol2.jpg

GEMA-Banyak hal yang terganggu di tengah pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease) beberapa bulan ini. Tak hanya kehidupan sosial dan agama, namun juga kehidupan perekonomian. Banyak institusi baik itu swasta dan pemerintahan yang harus menyesuaikan kinerja di unit kerjanya masing-masing. Terutama bagi institusi yang harus menerapkan WFH (Work from Home). Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi penganut WFH. Ini dituturkan oleh Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi saat memberikan sambutan dalam Halal bi Halal daring di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim, Selasa (26/5).
Bapak kelahiran Jepara ini menuturkan pentingnya tetap mempertahankan produktivitas meski suasana kerja berganti. “Biasanya penuh tekanan karena dilihat langsung atasan di kantor, sekarang bisa kerja di rumah,” imbuhnya. Tentunya, suasana bekerja dari rumah tidak semudah yang dibayangkan. “Pasti banyak gangguan dari urusan internal di rumah sendiri,” lanjutnya.
Karenanya, penting membuat perencanaan harian selama WFH. Dalam perencanaan itu, hendaknya harus memikirkan konsekuensi yang mungkin ada. “Rencanakan juga penanganannya agar tidak berefek negatif ke instansi kita,” lanjut kelahiran 1963 tersebut.
WFH, masih kata Zainut, adalah sistem kerja yang result-oriented. Artinya, hasil lah yang dilihat dan menjadi ukuran atasan dalam menilai karyawan. Ini juga berlaku bagi dosen yang kelas ajarnya berpindah ke kelas virtual. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan kelas daring ialah sumber daya, kreativitas metode pembelajaran, dan sistem asesmen. “Tentu semua juga mementingkan hasil dan pengaruhnya pada mahasiswa,” paparnya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up