SMART CAMPUS: AKSES DATA 24 JAM NON-STOP
Iffatunnida Rabu, 15 Juli 2020 . in Berita . 1406 views
2842_alfi.jpg

GEMA-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan webinar bertema “Pengembangan dan Implementasi SMART Islamic Kampus: Peluang dan Tantangan”, Rabu (15/7). Selain pembicara dari dalam kampus, dua narasumber utama diundang dari luar kampus. Mereka ialah Alfi Asman (Direktur Bisnis, Lintasarta) dan Muhammad Anshari, Ph.D. (Senior Assistant Professor dari School of Business & Economics, Universiti Brunei Darussalam). Saat menjelaskan komponen infrastruktur yang harus diperbaiki agar menjadi Smart Campus, Alfi menekankan pentingnya pusat data (Data Center). Menurutnya, harus ada kesiapan dalam database agar semua sivitas akademik dapat mengakses seluruh data yang diperlukan. “Data harus tersedia selama 24 jam. Non-stop!” tegas pria kelahiran Yogyakarta ini.
Untuk merealisasikannya, Alfi menuturkan harus ada personel yang disiapkan untuk mengatur data center. Seluruh individu yang bertanggung jawab harus memiliki bekal yang memadai untuk menangani dan menjaga data. Dengan begitu, data yang tersimpan akan reliable karena jauh dari kesalahan.
Selain data center, infrastruktur lain yang harus diperhatikan saat merintis Smart Campus ialah WiFi (Wireless Fidelity). Tentu akses ke dalam data kampus tidak akan bisa tanpa koneksi internet. Karenanya, harus dipastikan jika seluruh individu memiliki sambungan internet yang memadai menggunakan operator seluler. “Bisa juga memanfaatkan sinyal wifi yang tersebar di wilayah kampus,” tuturnya.
Terakhir, Intranet Access juga menjadi hal yang harus dipikirkan. Pihak kampus juga harus memastikan bahwa data kampus dapat diakses sivitas akademik dimana pun mereka berada. Karenanya VPN harus disiapkan agar sistem siap diakses kapan saja. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up