WAKTUNYA PEREMPUAN JADI PEACEMAKER
Iffatunnida Kamis, 16 Juli 2020 . in Berita . 406 views
2843_umi.jpg

GEMA-Melalui webinar yang dihelat Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag. membahas keterlibatan perempuan dalam gerakan radikalisme, Kamis (16/7). Makin banyaknya jumlah perempuan dalam gerakan yang sering dikaitkan dengan kaum laki-laki itu, tentu menjadi PR bagi pemerhati kaum perempuan khususnya di Indonesia. Dalam paparannya, Prof. Umi menyatakan bahwa perempuan bisa menginisiasi diri sebagai agen perdamaian atau Peacemaker.
Mengapa harus perempuan? Nalurinya yang diciptakan sebagai makhluk yang memiliki kelembutan dan rasa keibuan memungkinkan perempuan untuk menjadi agent of change. Menurut Prof. Umi, gerakan perdamaian dapat dilakukan dengan memperkuat pemahaman anti radikalisme dimulai dari keluarga kecil hingga lingkungan sekitar. Perempuan juga bisa mengkader banyak perempuan lainnya untuk menjadi daiyat yang fokus menyebarkan paham perdamaian. “Dengan begitu, seluruh elemen masyarakat dapat membangun kehidupan yang harmonis,” ujarnya.
Ia juga membahas faktor-faktor yang membuat perempuan tertarik masuk ke dalam gerakan radikalisme. Menurutnya, faktor religiusitas menjadi yang utama. Tak dapat dipungkiri jika perbedaan dalam memahami ajaran agama membuat sebagian orang membenarkan perbuatan-perbuatan radikal. “Mereka menganggap perbuatan tersebut merupakan simbol kemurnian agama,” imbuh Guru Besar Studi Islam itu.
Webinar bertema “Peta Intelektualisme Islam Pasca Orde Baru – Era Industri 4.0” ini digagas Pusat Studi Islam dan Masyarakat, Prodi Magister Studi Ilmu Agama Islam UIN Malang. Selain Prof. Umi Sumbulah, ada juga beberapa pembicara lain. Mereka ialah Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si. (Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Malang), Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. (Rektor UIN Malang), dan Prof. Dr. M. Zainuddin, MA. (Wakil Rektor 1 UIN Malang). Selain dapat disaksikan melalui ruang virtual aplikasi Zoom, webinar ini juga bisa disaksikan melalui siaran langsung di saluran @PASCA UINMLG milik Pascasarjana UIN Malang. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up