INOVASI & KREATIVITAS UNTUK KEMBANGKAN USAHA SAAT PANDEMI
Iffatunnida Rabu, 19 Agustus 2020 . in Berita . 555 views

 

2905_prof-salim.jpg

GEMA-Menjadi surga bagi pengusaha kecil, Indonesia tetap mengalami periode down saat banyak UMKM harus gulung tikar saat pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease) melanda. Hal ini menjadi perhatian Prof. Dr. Salim Al Idrus, MM., M.Ag., Guru Besar Bidang Ilmu Pengantar Bisnis, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ia mengamati bahwa pebisnis berskala besar makin berkembang meski pandemi melanda karena adanya inovasi. Hal inilah yang menurutnya perlu dipelajari oleh pebisnis di skala kecil dan menengah agar tetap menghidupkan roda perekonomian, Rabu (19/8).
Salah satu hal penting yang harusnya perlu dimanfaatkan oleh pelaku UMKM ialah perkembangan teknologi. Pasalnya, teknologi menjadi andalan pebisnis besar untuk mengenalkan produknya selain juga mengandalkan promosi konvensional. “Dan teknologi inilah yang menjadi hambatan bagi UMKM untuk makin berkembang,” tutur Prof. Salim.
Memanfaatkan teknologi bukan hanya demi mengikuti tren kekinian, namun juga menjangkau pasar lebih luas lagi. Jika ingin mengembangkan skala bisnisnya, pelaku UMKM seharusnya menargetkan pasar yang lebih jauh dari lokasinya saat ini. “Caranya tentu dengan mengimplementasikan produk-produk teknologi canggih yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas market,” papar Bapak asal Provinsi Nusa Tenggara Barat ini.

2908_prof5.jpg


Ia juga menegaskan bahwa UMKM perlu merevitalisasi diri yang tentunya tidak akan berjalan mulus. “Karena ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan UMKM,” ia pun melanjutkan bahwa peningkatan kualitas internal menjadi faktor penting. Dengan memiliki personel yang berkualitas dan berkapabilitas tinggi, suatu UMKM akan makin berkembang. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up