LATIH JIWA KEWIRAUSAHAAN SEJAK DINI DI INDONESIA
Iffatunnida Rabu, 19 Agustus 2020 . in Berita . 416 views

 

2909_wahid.jpg

GEMA-Sesuai dengan instruksi presiden Republik Indonesia tentang Gerakan Nasional Kewirausahaan, model pendidikan pun mulai disesuaikan. Wajar jika presiden mendorong Jiwa pebisnis sejak dini, pasalnya, bisnis-bisnis rintisan pemuda Indonesia tergolong kreatif dan tak jarang dilirik negeri tetangga. Hal inilah yang membuat Prof. Dr. Wahidmurni, M.Pd. meneliti lembaga pendidikan yang sukses mencetak banyak pebisnis muda di Indonesia. Hasil risetnya ia sampaikan pada orasi ilmiahnya saat dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi di Aula Gedung Rektorat lt. 5, Rabu (19/8).
Dalam risetnya, ia mengungkapkan bahwa beberapa lembaga pendidikan termasyhur memupuk jiwa pebisnis mahasiswa sejak awal perkuliahan. Mata kuliah tentang kewirausahaan tidak hanya diprogram bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi, namun untuk semua jurusan. "Praktik berbisnis pun juga dilakukan mahasiswa setelah menempuh beberapa SKS teori di kelas," imbuh peraih gelar Doktor dari Universitas Negeri Malang ini.

2907_prof4.jpg


Hal tersebut sejalan dengan instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mewajibkan mahasiswa menempuh mata kuliah kewirausahaan. Bahkan, dengan program baru merdeka belajar yang baru-baru ini dicanangkan, mata kuliah tersebut diprogram ulang agar dapat langsung dipraktikkan di tengah masyarakat.
Untuk itu, lanjut Prof. Wahidmurni, peran seluruh pejabat berwenang di suatu perguruan tinggi sangat krusial. Perlu proses yang tidak singkat untuk memantapkan penerapan mata kuliah kewirausahaan di universitas. Tak hanya selesai di proses penyusunan silabus, kampus juga perlu menjalin kemitraan dengan kampus lain yang sukses mendidik pebisnis dan juga perusahaan yang bisa dijadikan tempat praktik kerja calon pebisnis muda. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up