PELATIHAN PEDAGOGIK DOSEN MUDA UIN MALANG
Iffatunnida Selasa, 11 Agustus 2020 . in Berita . 681 views
2895_ped.jpg

GEMA-53 dosen muda di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berkesempatan mendapatkan pelatihan pedagogi. Program rutinan yang dihelat di Aula Microteaching tersebut diadakan selama tiga hari (11/8 dan 13-14/8). Meski banyak kegiatan yang terhambat karena pandemi Covid-19, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melalui LPM dan LP2M tetap berupaya untuk membekali para dosen muda di lingkungan kampus. Pihak LPM berharap, dosen-dosen tetap menyibukkan diri untuk meningkatkan mutu serta kualitasnya dalam mendidik generasi bangsa.
Dr. Muh. Yunus, M.Si., Ketua Panitia Pelatihan Pedagogik, mengatakan pihaknya menyiapkan format yang berbeda dalam pelatihan kali ini. Pendekatan Blended Learning diterapkan sehingga 3 hari sesi pelatihan tidak hanya berisi pembekalan di tempat, namun juga pemaparan materi secara daring. “Di hari terakhir pelatihan (Jumat, Red.), pelatihannya full offline karena ada pemaparan tugas per kelompok,” jelasnya.
Untuk presentasi penugasan, para dosen memang dituntut memiliki produk pembelajaran. Yakni, sebuah modul untuk mengajar sesuai disiplin keilmuan masing-masing. Di akhir pelatihan, panitia akan menilai kecakapan individu para dosen. Akan ada dosen yang dinyatakan lulus dan tidak. “Yang belum lulus harus mengikuti pelatihan pedagogi di periode berikutnya di tahun mendatang,” papar Yunus.
Ia menambahkan, ada beberapa kriteria kelulusan yang dipatok pihak kampus. Setidaknya dua hal yang menjadi penilaian utama, yaitu kedisiplinan dan kemampuan mengajar. Para dosen muda yang mengikuti pelatihan berasal dari beberapa fakultas yakni Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Humaniora, dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. (aj/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up