PROF. BAYYIN: INGIN OBAT HERBAL DIAKUI DUNIA MEDIS MODERN
Iffatunnida Rabu, 12 Agustus 2020 . in Berita . 1037 views
2898_p3.jpg

GEMA-Prof. Dr. drh. Bayyinatul Muchtaromah, M.Si. menjabarkan pemaparannya tentang usaha para pakar dalam menstandarisasi obat herbal di dunia medis. Hal itu disampaikan saat pengukuhannya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Biologi di Aula Gedung Rektorat lt. 5 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Rabu (12/8). Meski terbukti aman sebagai pengobatan beragam penyakit, obat herbal masih digolongkan sebagai jamu dan OHT (Obat Herbal Terstandar). “Khasiatnya belum diuji secara klinis untuk memasuki dunia medis modern,” jelasnya.
Prof. Bayyin melanjutkan, obat herbal memang aman namun ia belum terbukti mengobati penyakit secara optimal. Pasalnya, obat herbal belum terstandar sempurna agar dapat diserap tubuh. Untuk itu, pakar obat herbal bekerja sangat keras. Misalnya saja dalam memformulasi tingkat kelarutan, stabilitas, bioavailabilitas dan sistem tertarget agar penggunaannya lebih efektif.
Sebagai akademisi yang menggeluti Nanoteknologi terutama di Bidang Kesehatan, Prof. Bayyin memandang obat herbal akan dapat terstandar jika direkayasa dengan penerapan nanoteknologi. Penggunaan metode ini telah dikembangkan beberapa tahun terakhir terutama di kalangan pengembang obat herbal. Nanoteknologi mampu menghasilkan sediaan partikel dalam skala atom dan molekuler. Ukuran partikel yang kecil menjadikan ekstrak mudah terserap dalam plasma darah dan lebih efektif mencapai sel target. “Karena ukurannya yang kecil dengan kapasitas muatan besar, nanopartikel dapat diberikan meski dalam dosis yang tinggi,” jelas mantan dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang ini.
Ia pun menyinggung peluang obat herbal atau yang lebih sering disebut jamu ini bagi mereka yang berkecimpung di Industri Jamu dan UMKM. Dengan begitu banyaknya tumbuhan obat yang bisa dimanfaatkan, akan banyak industri yang bisa bermunculan hanya dengan memproduksi jamu. Prof. Bayyin juga berharap penggerak industri jamu dapat memanfaatkan sentuhan teknologi nano agar jalannya menuju obat terstandar di dunia medis semakin mulus. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up