SAATNYA PRAKTIK MENGAJAR BAGI DOSEN MUDA
Iffatunnida Jumat, 14 Agustus 2020 . in Berita . 565 views

 

2901_pedagogikk.jpg

GEMA-Hari terakhir Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pedagogik masih diikuti 53 dosen muda di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jumat (14/8). Seperti jadwal yang ditetapkan panitia, seluruh peserta diwajibkan melakukan praktik mengajar. Ketua Panitia Dr. Muh. Yunus, M.Si. menjelaskan bahwa sesi terakhir dari pelatihan diisi peer-teaching. “Masing-masing kami beri durasi 20 menit untuk menyampaikan materi yang sudah dipersiapkan,” imbuhnya.
Untuk mengefisiensikan waktu, maka para peserta dibagi ke dalam lima kelas dan diawasi oleh dua pengawas profesional yang diutus panitia. Seluruh kegiatan praktik mengajar dihelat di Gedung Perkuliahan A. Melalui sesi ini, panitia akan menilai dan mengevaluasi apa yang perlu ditingkatkan oleh para dosen dalam hal kapabilitas mengajarnya. “Kita akan tahu siapa saja yang sudah baik dalam penyampaian materi saat di depan mahasiswa,” ujar Yunus. Penilaian kelulusan dari pelatihan ini tak hanya dari kualitas mengajar para dosen. Panitia juga akan menilai kedisiplinan setiap peserta dalam mengikuti seluruh sesi pelatihan dan penugasan.
Sementara itu, Hilda Halida, peserta dari Fakultas Psikologi merasa bahwa pelatihan ini bisa membuat seluruh dosen muda memahami visi-misi kampus lebih mendalam. Dengan begitu, mereka dapat menyesuaikan materi ajar sesuai konsep keilmuan yang dibangun UIN Malang. “Kami tahu bagaimana harus mengintegrasikan materi umum dengan ilmu agama dan mengelaborasinya sehingga tidak keluar dari target kampus,” paparnya. (aj/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up