SELEKSI DARING MAHASISWA BARU PASCASARJANA
Iffatunnida Kamis, 13 Agustus 2020 . in Berita . 2306 views
2900_nida.jpg

GEMA-Menyesuaikan situasi pandemi Covid-19, Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menghelat seleksi daring bagi calon mahasiswa baru (maba) semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Seleksi yang diikuti calon mahasiswa program magister dan doktor itu dilakukan melalui laman cbt.uin-malang.ac.id mulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIB. Materi tes tulis meliputi Tes Potensi Akademik, Kemampuan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Sementara itu, sesi wawancara atau presentasi proposal penelitian bagi calon mahasiswa S3 juga dilaksanakan dalam hari yang sama melalui teleconference, Rabu (12/8).
Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Umi Sumbulah. M.Ag. menyatakan proses seleksi berjalan lancar sesuai rencana. Tidak menutup kemungkinan, seleksi daring akan tetap dipertahankan oleh Pascasarjana UIN Malang melihat pelaksanaannya yang efektif dan efisien. “Tes CBT bisa jadi alternatif kami untuk menyeleksi calon-calon maba Program Pascasarjana di masa mendatang,” imbuh Prof. Umi.
Wakil Direktur Pascasarjana Drs. Basri Zain, Ph.D. membagi data maba periode ini. Sebanyak 473 calon maba mengikut Computer-Based Test (CBT) di semester ganjil ini. Mereka terdiri dari 45 calon mahasiswa Program Doktor dan 428 calon mahasiswa Program Magister.
Ketua Panitia Seleksi Maba Pascasarjana Dr. Triyo Supriyatno menambahkan, calon maba tak hanya berasal dari Indonesia. “Ada juga pendaftar dari Malaysia dan Arab Saudi,” jelasnya. Ia juga menjelaskan, bahwa presentasi proposal bagi maba Program Doktor dilakukan melalui aplikasi Zoom dan WhatsApp Video Call. Mereka diuji langsung oleh direktur, serta kaprodi dan sekprodi masing-masing.
Pihak Pascasarjana secara khusus dan intensif bekerjasama dengan Pusat Teknik Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Malang untuk menyukseskan seleksi daring ini. Pihak PTIPD menyediakan laman khusus CBT yang dapat diakses calon maba dimanapun pada waktu bersamaan. Sehingga, gangguan apapun dapat diminimalisir.
Triyo melanjutkan, hasil seleksi maba Pascasarjana akan diumumkan pada 18 Agustus 2020. Rencananya, proses registrasi juga akan dilangsungkan secara daring mulai hari pengumuman hasil hingga 28 Agustus 2020. (nd)

Sumber: Tim Pascasarjana UIN Malang

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up