SESUAIKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI
Iffatunnida Jumat, 7 Agustus 2020 . in Berita . 1426 views

 

2885_ok.jpg

GEMA-Mempersiapkan SDM pengajar untuk kembali beraktivitas di tahun akademik baru yang dimulai akhir Agustus, PKPBA mengundang para dosen dalam workshop kurikulum, Rabu (5/8). Perubahan kurikulum menjadi bahasan utama karena situasi belajar yang tidak bisa dilakukan seperti biasa di area kampus. Pihak PKPBA memfokuskan para pengajar untuk memahami kurikulum yang juga secara khusus disesuaikan dengan sistem belajar daring.
Menurut Direktur Pusat Pengembangan Bahasa, Dr. M. Abdul Hamid, workshop ini merupakan upaya dalam merespon kebijakan kebiasaan belajar baru yang dicanangkan pemerintah pusat. Pihaknya berharap, penyesuaian kurikulum dapat diterapkan dalam proses belajar-mengajar di semester depan tanpa kendala. "Meski banyak yang berubah, kami ingin target belajar tetap tercapai serta tidak membebani kedua pihak baik dosen maupun mahasiswa," jelasnya.
Dr. Nur Kholid, narasumber workshop, menegaskan bahwa tak hanya kurikulum yang disesuaikan saat belajar jarak jauh. Target pembelajaran juga perlu disesuaikan dengan keadaan terkini. Pihak PPB selaku pemegang kebijakan pembelajaran bahasa asing harus memprediksi benar kendala-kendala yang mungkin terjadi saat proses belajar tanpa tatap muka nanti. Sehingga, sudah ada solusi yang disiapkan sejak awal untuk mengantisipasi dan meminimalisirnya. "Kita juga harus pastikan bahwa tidak ada ketimpangan antar mahasiswa sekelas dalam penguasaan materi," paparnya.
Workshop yang dilaksanakan selama dua hari (5-6/8) ini dihelat secara luring (offline) dan daring (online). Hanya 25 dosen PKPBA yang hadir di Aula Gedung Pusat Bahasa lt. 3 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sedangkan dosen lainnya menyaksikan workshop tersebut melalui aplikasi Zoom. Pasca acara, dosen memiliki panduan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang seragam. Sehingga nantinya tidak ada perbedaan materi ajar dalam prosesnya. (nd)
Sumber: Makhi PKPBA

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up