SIAPKAN PERSONEL PERLANCAR SELEKSI MANDIRI
Iffatunnida Senin, 24 Agustus 2020 . in Berita . 359 views

 

2911_op.jpg
TATA cara pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang disampaikan oleh Ketua BAK, Imam Ahmad.

GEMA-Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah usai menyeleksi penguji dan operator. Total 236 personel yang dipilih untuk menyukseskan pelaksanaan ujian tahap akhir bagi calon mahasiswa baru ini. Mereka terdiri dari 120 penguji dan 116 operator. Agar tidak ada kendala, seluruh operator diberi pelatihan di Aula Gedung C lt. 3, Senin (24/8). Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. M. Zainuddin, MA. menuturkan bahwa tata cara ujian yang disiapkan oleh panitia merupakan terobosan baru yang hanya digunakan di UIN Malang. Pasalnya, sebagian besar kampus lainnya hanya menggunakan seleksi administrasi seperti nilai rapor. “Tapi kita kan selalu ingin input yang berbeda, maka ada seleksi baca tulis al Quran,” papar Guru Besar Sosiologi Agama itu.
Ketua BAK UIN Malang Imam Ahmad menjabarkan bahwa setiap operator bertanggung jawab untuk 20 peserta. Tak hanya mengatur keluar-masuk peserta melalui ruang ujian virtual, operator juga wajib memvalidasi data. “Operator berhak menggugurkan peserta yang datanya tidak sesuai, jadi mereka tidak lolos ke tahap ujian bersama penguji,” jelasnya.
Sebagai ganti Lembar Jawaban Ujian, operator wajib merekam jalannya ujian melalui laptop masing-masing. Hal ini, tutur Imam Ahmad, akan menjadi bukti panitia jika ada orang tua calon maba yang protes karena anaknya tidak lolos di saat hari pengumuman. “Selain itu, ada juga keharusan mengisi berita acara secara manual seperti pada ujian biasanya,” imbuhnya.
Menurut data panitia, per 24 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB, sudah ada 3.119 calon maba yang melakukan registrasi untuk ujian Jalur Mandiri. Dengan begini, ujian akan dilakukan selama dua hari. “Namun jika sampai hari terakhir pendaftaran peserta menembus 5.000, maka ujian akan dilaksanakan hingga Sabtu (29/8),” papar Imam. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up