WAJIB PAHAMI PRINSIP KEILMUAN DI UNIVERSITAS
Iffatunnida Selasa, 11 Agustus 2020 . in Berita . 1229 views
2893_pedagogik1.jpg

GEMA-Dalam sambutannya melalui teleconference saat Pelatihan Pedagogi bagi dosen muda di UIN Malang, Direktur DIKTIS Prof. M. Arskal Salim, GP., MA., Ph.D. mengapresiasi kampus yang tetap memperhatikan keterampilan dosen saat pandemi. Ia menilai kegiatan rutinan dari Lembaga Penjaminan Mutu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini adalah cara menanamkan prinsip dasar pengembangan keilmuan di kampus. “Memang penting sekali bagi dosen untuk mengenal dan memahami pengembangan keilmuan di kampus tempatnya mengabdi agar tradisi dan nilai kampus tetap terjaga,” imbuh Prof. Arskal, Selasa (11/8).
Ia menambahkan, untuk mewujudkan UIN Malang sebagai World Class University (WCU), hal yang sangat diperhitungkan ialah kualitas riset dan mutu para dosennya. Jalan kampus menuju international recognition akan lebih mudah jika para dosen secara berkala tiap tahunnya mempublikasikan hasil risetnya. Selain itu mengikuti seminar keilmuan baik offline maupun online juga sangat dianjurkan. Melakukan segala kewajiban akademik seperti itu tidak dimaksudkan semata untuk menambah materi atau honor. “Imbasnya tentu pada angka kredit dosen yang terkumpul lebih cepat untuk menuju jenjang karir tertinggi yaitu menjadi guru besar,” papar lulusan The University of Melbourne, Australia itu.
Selain riset, ia melanjutkan, lembaga akan lebih berkembangan dengan pola pengabdiannya. Dosen pun memiliki kewajiban untuk turut dalam program pengabdian masyarakat seperti yang tertuang dalam Tri Dharma Universitas. “Kita ingin ada dosen yang menjadi agent of change terhadap perubahan dan kemajuan di masyarakat, terutama dalam moderasi beragama,” ujarnya. (aj/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up