WAKIL MENTERI AGAMA: MULAI TANAMKAN TANGGUNG JAWAB
Iffatunnida Kamis, 6 Agustus 2020 . in Berita . 407 views
2882_zai.jpg

GEMA-Saat memberikan sambutannya melalui teleconference di momen Yudisium Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang, Zainut Tauhid Sa'adi, Wakil Menteri Agama RI mengungkapkan rasa bangganya melihat calon dokter muda yang tetap semangat merampungkan studinya di tengah segala keterbatasan kondisi pandemi Covid-19, Kamis (6/8). Ia meminta mereka yang telah mengikrarkan Janji Dokter Muda untuk mulai menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi.
Zainut menambahkan, profesi dokter yang sering dianggap prestigius bagi masyarakat, sebenarnya menyimpan tanggung jawab yang berlapis. Tak hanya sebagai pribadi, tapi juga sebagai pengabdi masyarakat. "Ada amanah besar yang saudara emban dan harus dipertanggungjawabkan kepada sesama kolega dokter dan juga kepada pasien," lanjutnya.
Karena itu, seorang calon dokter harus memahami ketentuan mengenai peraturan pelayanan kesehatan dan praktik profesi dokter serta menjalankannya dengan sepenuh hati. Ada hak dan kewajiban dokter serta pasien yang perlu dipahami secara mendalam. "Setelah itu, berikanlah pelayanan kesehatan sesuai standar medis," tuturnya.
Meski penuh dengan segala resiko, Zainut mengungkapkan, profesi dokter juga memiliki perlindungan hukum yang resmi. Namun, hukum tersebut berlaku dengan syarat dan ketentuan. "Yang penting, pastikan bahwa yang saudara lakukan nantinya sebagai dokter sudah memenuhi operation standard," tegas Zainut Tauhid. (kh/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up