AGAR TIDAK GAGAL STUDI, SIAPKAN DARI AWAL
Iffatunnida Rabu, 2 September 2020 . in Berita . 949 views
2929_pasc.jpg

GEMA-Menghindari banyaknya mahasiswa yang telat lulus atau bahkan berakhir drop out, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. pun menyampaikan beberapa hal. Dalam Orientasi Program Studi Pascasarjana yang dilaksanakan secara daring, ia meminta mahasiswa baru (maba) untuk mulai menata niat dan merencanakan segalanya sejak awal studi, Rabu (2/9).
Ia melihat bahwa banyak mahasiswa yang sering terhambat di tahap akhir perkuliahan. Yakni tahap penyusunan tugas akhir seperti tesis bagi mahasiswa magister dan disertasi bagi program doktor. Banyaknya proses yang harus dilakukan membuat banyak mahasiswa Pascasarjana kehilangan semangat dan lupa akan niat studinya.
Prof. Haris menegaskan agar tidak ada mahasiswa yang gagal studinya di tahapan manapun. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ia meminta kepada seluruh maba Pascasarjana UIN Malang semester ganjil untuk mempersiapkan pra syarat kelulusan sejak dini. Hal ini bisa dilakukan dengan mulai mencari bidang dan tema yang ingin diteliti untuk tesis dan disertasinya. Dengan persiapan lebih awal, maka mahasiswa tidak akan kelelahan di akhir karena tanggungan yang menumpuk. “Tidak boleh ada yang gagal studi, itu dosa besar tak hanya bagi dosen tapi juga bagi mahasiswanya,” lugas rektor kelahiran Lamongan itu.

2930_pasc1.jpg


Ia pun berpesan kepada jajaran dosen di Pascasarjana untuk meluangkan waktu bagi mahasiswa. Terutama yang berkaitan dengan penyusunan tugas akhir. Dosen bertugas mengarahkan mahasiswa untuk merencanakan dan melakukan riset dengan tepat. “Saya yakin, semua kendala akan teratasi kalau semuanya sama-sama bergerak,” ujar Prof. Haris.
Selain dilakukan secara daring, orientasi tersebut juga dihadiri beberapa perwakilan maba Pascasarjana di Kampus 2 UIN Malang. Jajaran dosen juga menghadiri orientasi tersebut, termasuk para kepala prodi. Direktur Pascasarjana UIN Malang Prof. Dr. Umi Sumbulah dan rektor secara simbolis memakaikan jas almamater kampus kepada dua perwakilan maba. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up