PEREMPUAN DENGAN SKILL TINGGI BISA PUNYA POSISI STRATEGIS
Iffatunnida Selasa, 1 September 2020 . in Berita . 494 views
2926_ejxx1.jpg
PRA-ACARA yang ditampilkan dalam webinar East Java Exploration (EJx) 2020 dibawakan oleh mahasiswa UIN Malang

GEMA-Sebagai salah satu universitas yang menyelenggarakan East Java Exploration (EJx) 2020, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pun mendapat giliran sebagai tuan rumah. Namun, karena masa pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease), maka seluruh sesi di EJx 2020 dilaksanakan secara daring. Tahun ini, UIN Malang menghelat webinar bertema Muslim Women’s Empowerment in Indonesia, Jumat (28/8). Dalam pemaparannya, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Kelembagaan UIN Malang, Dr. Uril Bahrudin, M.Ag. menyatakan bahwa tidak ada gender bias ketika sudah dikaitkan dengan skill. Jika memang perempuan memiliki skill yang lebih baik, maka mereka pun bisa menduduki posisi penting di suatu lembaga. “Meski perempuan, dengan kompetensi yang tinggi maka jabatan apapun bisa dipegang,” tuturnya.
Sebagai bukti, lanjutnya, di UIN Malang banyak posisi-posisi strategis yang dijabat oleh kaum perempuan. Baik itu wakil rektor, dekan, kepala jurusan, maupun kepala lembaga/pusat studi. Melalui webinar ini, ia ingin agar UIN Malang mengenalkan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang ramah dan peduli terhadap kaum perempuan. Tak hanya itu, ia ingin agar webinar tersebut menjadi media untuk mengenalkan UIN Malang sebagai kampus yang memiliki tenaga dan fasilitator edukasi yang mahir dan mumpuni di berbagai bidang. “Karena kami memiliki banyak mahasiswa asing, tentunya kami ingin berkontribusi positif terhadap perkembangan Islam dan memberikan manfaat ke seluruh umat," harapnya.

2927_ejxx2.jpg


Dalam webinar tersebut, narasumber yang dihadirkan ialah dua dosen perempuan dari UIN Malang, yaitu Dr. Istiadah (Ketua Pusat Studi Gender dan Anak) dan Ulfah Muhayani (Kandidat Ph.D. di The University of Queensland, Australia). Sebelum webinar dimulai, peserta dapat menyaksikan penampilan Grup Sendratari Srikandi dari Fakultas Humaniora UIN Malang. Mereka menampilkan Tari Saman dari Aceh. Selain itu, ada juga tampilan syair dan nyanyian, diiringi lima penari.
Agenda bertaraf internasional yang kali pertama dilaksanakan secara daring ini diikuti 60 peserta dari 20 negara. Di antaranya ialah Australia, Libya, Mesir, Irak, Sudan, Yaman, Jerman, dan Amerika. EJx merupakan program sepuluh universitas di Jawa Timur yang merupakan anggota Western Australia-East Java Universities Consortium (WAEJUC). Kesepuluh kampus tersebut yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Jember, ITS Surabaya, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas Airlangga Surabaya, dan UPN Veteran Surabaya. (ptt/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up