REKTOR: CARA UIN MALANG MENGABDI PADA ALLAH
Iffatunnida Jumat, 4 September 2020 . in Berita . 465 views
2931_khot.jpg
PROF. Dr. Abd. Haris, M.Ag., Rektor UIN Malang, saat memberikan wejangan pasca pelaksanaan Istighosah dan Khotmil Quran daring.

GEMA-Setiap Jumat, Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. selalu mengajak sivitas akademik untuk mengikuti Istighosah maupun Khotmil Quran. Namun, di masa lockdown sesuai Surat Edaran yang dikeluarkan rektor pada (31/8), maka kegiatan rutin mingguan itupun dilaksanakan secara daring, Jumat (4/9). Pasca pembacaan Quran dan sholawat, ia pun menyampaikan beberapa hal di antaranya mengenai pengabdian UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kepada Sang Pencipta, Allah swt.
Di jalur pendidikan, tugas utama kampus ialah membekali mahasiswa dengan ilmu sesuai bidang yang dipilih. Ilmu yang diberikan pastinya ditujukan untuk pengembangan generasi Muslim di masa depan. Agar nantinya, pemuda Muslim dapat berkontribusi nyata dimanapun. “Karena itu, UIN Malang ingin membuka beberapa program studi baru untuk mendalami sains milik Allah yang sudah tertulis dalam al Quran,” papar Prof. Haris.
Menurutnya, sudah menjadi kewajiban Muslim untuk membuktikan bahwa ilmu apapun bersumber dari Kitab Allah swt. Ini sekaligus menunjukkan bahwa Islam hadir sebagai rahmat bagi seluruh alam. Selain belajar, Muslim pun berkewajiban berdoa untuk meminta petunjuk dari Allah. “Tujuan kita meminta petunjuk ialah agar kita mantap karena hati manusia sering terbolak-balik,” jelasnya. Selain itu, meminta petunjuk Allah tentu dimaksudkan agar manusia selalu selamat di kehidupan dunia dan akhirat.
Kegiatan Istighosah maupun Khotmil Quran ini pertama kalinya dilakukan secara daring. Rektor menginisiasi hal ini agar aturan physical distancing yang dicanangkan pemerintah tetap berjalan. Prof. Haris cukup terkejut pasalnya jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini lebih banyak dari biasanya. “Kalau begitu selanjutnya kita adakan dengan cara seperti ini saja ya selain offline,” ujarnya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up