REKTOR: PAHAMI DAN PRAKTIKKAN
Iffatunnida Selasa, 1 September 2020 . in Berita . 376 views
2928_rekk.jpg

GEMA-Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag., Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memberi wejangan kepada para dosen yang mengikuti Webinar Cara Mudah Menulis Artikel di Jurnal Nasional dan Bereputasi Internasional, Senin (31/8). Acara daring ini dihelat oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). Menurut rektor, hal pertama yang harus dilakukan ialah memahami teori tata cara penulisan artikel yang sesuai dengan bidangnya. “Setelah memahami, wajib bagi dosen untuk mempraktikkan langsung dengan mulai menulis karya ilmiah,” tegasnya.
Ia menambahkan, satu hal lagi yang harus dimiliki penulis/dosen yakni sikap sabar. Proses panjang dalam menulis artikel seringkali membuat si penulis hilang kesabaran dan akhirnya menyerah di tengah prosesnya. Belum lagi jika harus menanti kabar dari jurnal yang dituju. “Para dosen sering merasa down atau kecewa dan akhirnya putus asa ketika artikelnya ditolak di jurnal terakreditasi Scopus atau sejenisnya,” ujar Prof. Haris.
Untuk itulah ia mendukung LP2M dalam menghelat webinar bertema penulisan karya ilmiah. Ia berharap, akan banyak hal yang dapat dipelajari para dosen di webinar kali ini. Pasalnya, menulis karya ilmiah adalah hal yang wajib bagi mereka untuk menunjang karir akademik dan meningkatkan kualitas diri. Di webinar ini, pihak LP2M menghadirkan Prof. Dr. Irwan Abdullah dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. (ptt/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up