TETAP BISA RASAKAN TRADISI UIN MALANG WALAU DI RUMAH
Iffatunnida Jumat, 11 September 2020 . in Berita . 691 views
2938_wal.jpg
REKTOR UIN Malang saat mengenalkan budaya dan tradisi kampus ke wali mahasiswa baru angkatan 2020

GEMA-Dalam pelaksanaan Temu Orang Tua/Wali Mahasiswa Baru 2020/2021 secara daring, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. meyakinkan bahwa mahasiswa baru (maba) akan tetap bisa merasakan bedanya pembelajaran di kampus ini dibanding kampus lain, Jumat (11/9). Pasalnya, banyak orang tua yang khawatir karena mereka hanya belajar dari rumah melalui gawai masing-masing.
Prof. Haris menjelaskan, di masa pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease), memang pembelajaran tidak akan seperti masa normal karena 100% dilakukan secara daring. Apalagi, mereka juga tidak mengalami pembelajaran di Pusat Ma’had al Jami’ah yang biasanya dirasakan oleh maba UIN Malang. Tidak ada kegiatan harian seperti sholat fardhu berjama’ah di masjid ataupun pembelajaran bahasa asing pasca Sholat Shubuh di area terbuka kampus. “Namun, ta’lim (pembelajaran al Quran dan kitab klasik, Red.) tetap berjalan seperti biasanya,” tegas rektor.
Ini dilakukan karena UIN Malang memiliki budaya dan sistem yang dipadukan, yakni perguruan tinggi dan pesantren. Mahasiswa bahkan diberikan fasilitas yang memadai jika berniat menjadi penghafal al Quran (hafiz/ah). Akan ada banyak dosen dan pembina mahasiswa yang akan meluangkan waktu untuk membimbing mahasiswa dengan bekal pengetahuan umum juga agama.
Agar berjalan sukses, maka rektor meminta para orang tua atau wali maba agar turut berpartisipasi untuk menyukseskan proses pembelajaran. Terutama di masa pandemi karena mahasiswa akan belajar dari rumah. Ia tidak ingin ada satu pun mahasiswa yang gagal di tengah prosesnya. “Pendampingan saya rasa sangat penting karena kegagalan mahasiswa juga merupakan kegagalan kampus dan orang tua,” tutur Prof. Haris. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up