SUNTIK VAKSIN UNTUK LINDUNGI YANG LEMAH
Iffatunnida Kamis, 4 Februari 2021 . in Berita . 630 views
3097_sehat.jpg
BUGAR: dr. Iwal Reza Ahdi, Sp.PD. menjelaskan manfaat vaksin untuk mengurangi penyebaran Covid-19

GEMA-Banyaknya pro-kontra mengenai program vaksinasi Covid-19 di masyarakat, disinyalir karena kurangnya sosialisasi atas manfaat vaksin itu sendiri. Dalam paparannya, dr. Iwal Reza Ahdi, Sp.PD. menjelaskan bahwa penyuntikan vaksin ke sejumlah orang akan menciptakan ‘lingkungan’ baru di masa pandemi ini. Ia menyebutnya dengan pembentukan kekebalan kelompok. Dengan adanya sekelompok orang yang sudah divaksin di tengah masyarakat, maka mereka mampu menjauhkan sejumlah individu yang lebih lemah dari paparan Covid-19.
Hal ini ia sampaikan pada webinar kesehatan yang dihelat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melalui channel resmi YouTube milik kampus dan juga aplikasi Zoom, Kamis (4/2). Dalam paparannya juga, ia memberikan gambaran bahwa vaksin membantu seseorang untuk membentuk antibodi yang kebal Covid-19. Dengan banyaknya individu yang melakukan suntik vaksin tersebut, maka kehidupan normal (baru) yang diimpikan semua orang akan cepat tercapai.
Dokter spesialis penyakit dalam ini juga menjabarkan apakah seseorang perlu dirawat di rumah sakit jika terpapar Covid-19. Menurut peraturan, hanya mereka yang mengalami gejala level sedang dan berat yang dirawat di rumah sakit. “Sedangkan yang bergejala ringan, sangat dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing,” lanjut dr. Iwal.
Selama menjalani masa isolasi, masih kata dr. Iwal, hanya berdiam diri adalah hal yang tidak disarankan oleh dokter. Ada beberapa kebiasaan yang harus dilakukan mereka yang terpapar virus. Di antaranya ialah rajin mengecek suhu tubuh dua kali sehari. “Jika tiba-tiba mengalami peningkatan yang drastis, maka harus segera menghubungi tenaga kesehatan,” jelas sekretaris Prodi Pendidikan Dokter UIN Malang.
Selain itu, tidak boleh berinteraksi dengan anggota keluarga yang tidak terpapar Covid-19. Kamar tempat isolasi pun harus dipastikan memiliki ventilasi udara yang baik. Kamar juga harus mendapat cahaya sinar matahari. Dengan mematuhi aturan isolasi mandiri yang baik, maka bisa dipastikan seseorang akan segera pulih dari paparan virus. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up