PERBANYAK PENELITI INTERDISIPLINER DI KAJIAN ISLAM
Iffatunnida Senin, 26 Juli 2021 . in Berita . 571 views

 

3221_psi3.jpg

GEMA-Menjadi salah satu narasumber dalam webinar Metodologi Rekonstruksi Pengkajian Islam, Prof. Dr. Tutik Hamidah, M.Ag. menyampaikan materi Model Kajian Islam, Senin (26/7). Ia mengawali materinya dengan membahas tentang al Quran dan juga keutamaan-keutamaannya. Ia lalu mengaitkannya dengan beberapa kandungan ayat yang bisa dibahas melalui beragam perspektif. Prof. Tutik menuturkan, meski pihak LP2M telah membuka kesempatan bagi peneliti interdisipliner, belum banyak kajian yang bisa dijadikan acuan. Maka, pihaknya ingin agar webinar ini menjadi salah satu media bagi peneliti Studi Islam untuk masuk ke ranah interdisipliner.
Untuk mengawali penelitian, Prof. Tutik menyarankan agar calon peneliti lebih banyak mengkaji ayat al Quran dan juga sunnah Nabi Muhammad saw. Dalam kedua sumber hukum Islam tersebut, ada banyak hal yang bisa dikaitkan dengan problem kekinian. Ia juga mengingatkan bahwa menjadikan al Quran dan hadis sebagai rujukan penyelesaian masalah, harus melihat konteks.
Prof. Tutik menjelaskan, saat ini jika suami ketahuan memukul istri, maka dapat dikenai sanksi kriminal. Padahal, ada ayat al Quran yang memperkenankan perbuatan tersebut. “Namun kita lihat lagi asbabun nuzulnya. Mengapa ayat tersebut sampai turun?” ujarnya. Menilik sejarah ayat, wanita di masa itu dikenal bertabiat keras kepala sehingga memperbolehkan suami untuk bertindak demikian. Dengan catatan, itu adalah pilihan terakhir setelah beberapa tindakan lain tidak berhasil.
Bagaimana dengan masa sekarang? Karena kondisi yang tak lagi sama dengan zaman nabi, maka ada banyak problem yang harus dikaji ulang. Dengan demikian, penjelasan ayat al Quran yang dihadirkan saat ini merupakan cita rasa masyarakat modern. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up