3 HARI LATIH PENDAMPING PROSES PRODUK HALAL
Iffatunnida Rabu, 27 April 2022 . in Berita . 1100 views
3768_whal1.jpg

Menyiapkan pendamping PPH (Proses Produk Halal), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengundang para relawan dalam Training of Trainer selama tiga hari (26-28/4). Acara disusun secara hybrid, yakni melalui daring di hari pertama dan luring di hari kedua, serta disediakan simulasi praktik di akhir acara. Beragam materi dipersiapkan penyelenggara untuk membekali para pendamping sebelum terjun ke lapangan untuk membantu pelaku usaha dalam mendapatkan Sertifikat Halal.
Dalam materi Ketentuan Syariat Islam Terkait JPH, Dr. Syaiful Mustofa menjelaskan secara detil tentang bahan-bahan mentah yang diragukan kehalalannya. Saat berdiskusi dengan peserta, ia menjelaskan bahwa tidak semua alkohol itu haram. Pasalnya, ada alkohol yang merupakan produk sintetis yang memang dibuat untuk menunjang keawetan suatu produk. Alkohol jenis ini diperbolehkan.
Ketua Halal Center, Dr. Begum Fauziyah meluruskan hal lain terkait output pendampingan PPH. Ia menegaskan bahwa yang menjadi landasan keputusan apakah suatu produk lolos proses halal ialah Sertifikat Halal (SH). Ia menambahkan bahwa Surat Keputusan Halal (SKH) bukanlah hasil akhir.

3769_whal2.jpg


Begum menerangkan, SKH ialah surat yang dikeluarkan MUI setelah melakukan Sidang Fatwa untuk memutuskan kehalalan suatu produk. SKH tersebut akan diteruskan pada BPJPH Kementerian Agama untuk kemudian dijadikan pertimbangan dalam mengeluarkan SH. "SH inilah yang menjadi tanda bahwa produk itu halal dan yang berhak mengeluarkan hanya BPJPH," tuturnya menekankan.
Ia berharap, para pendamping dapat meluruskan pemahaman ini kepada pelaku usaha nantinya. Ia tidak mau ada kesalahpahaman bahwa SKH adalah bukti suatu produk sudah mendapat klaim halal dari pemerintah.
TOT ini diikuti lebih dari 30 pendamping PPH. Mereka tak hanya berasal dari UIN Malang, tetapi juga dari SPMHI (Sistem Penjaminan Mutu Halal Internal) Malang, Halal center Bahrul Maghfiroh Malang, dan Politeknik Negeri Malang. Acara tersebut merupakan kerjasama tiga pusat studi di LP2M, yakni Pusat Pengabdian Masyarakat, Pusat Studi Islam, dan Halal Center. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up