PROF. UMI SUMBULAH: JIHADNYA PENGELOLA JURNAL
Iffatunnida Kamis, 21 Juli 2022 . in Berita . 344 views
4031_profumi.jpg

UIN MALANG-Setelah sebelumnya melaksanakan workshop untuk jurnal menuju indeksasi Scopus (14/7), kali ini Pusat Publikasi Ilmiah (PPI) di bawah naungan LP2M mengadakan workshop khusus untuk meningkatkan level akreditasi nasional atau yang lebih dikenal dengan Sinta, Kamis (21/7). Agenda ini dikhususkan bagi jurnal-jurnal di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang belum mencapai Sinta 2 agar dapat memperbaiki kualitas jurnalnya. Untuk memfasilitasi para pengelola jurnal, PPI mengundang Prof. Dr. Irwansyah, MH., Guru Besar Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.
Saat membuka acara, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Umi Sumbulah mengatakan bahwa mengelola jurnal merupakan pekerjaan yang tidak nampak oleh mata. Akan tetapi, hasilnya nyata dan dapat dirasakan oleh banyak kalangan. "Tiba-tiba menghasilkan orang-orang hebat dan profesor di beberapa kampus," imbuh Prof. Umi. Karenanya, ia menyatakan, pengelola jurnal adalah orang yang sedang berjihad. Mereka berjuang untuk mendapatkan hasil yang mulia.
Meningkatkan akreditasi, lanjut Prof. Umi, merupakan kewajiban pengelola untuk mempertahankan eksistensi jurnalnya. Tak hanya itu, akreditasi jurnal yang tinggi akan menaikkan grade kampus. "Tahun 2024 mendatang, UIN Malang akan mengadakan reakreditasi untuk menarget Level Unggul. Karena itu, kita butuh jurnal-jurnal yang berkualitas untuk mendapatkan poin lebih baik," jelas guru besar di Fakultas Syariah tersebut.
Untuk mewujudkannya, Prof. Umi menyatakan siap memfasilitasi para pengelola yang ingin belajar dan memperbaiki kualitas jurnal. Fasilitas tersebut salah satunya dalam bentuk workshop dengan menghadirkan pakar dan juga asesor yang berpengalaman.
Dalam workshop ini, PPI mengundang pengelola dari 34 jurnal di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ketua PPI, M. Anwar Firdausy turut hadir memberikan laporan mengenai kondisi jurnal-jurnal di kampus berlogo Ulul Albab ini. Ia berharap, salah satu fasilitas yang didukung kampus berupa workshop, dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pengelola jurnal di UIN Malang. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up