REKTOR: JANGAN REMEHKAN INTEGRASI ISLAM DAN SAINS
Iffatunnida Senin, 14 November 2022 . in Berita . 273 views
4669_sos1.jpg

UIN MALANG-Menghadiri Sosialisasi Panduan Integrasi Islam dan Sains yang digagas Pusat Studi Islam dan Sains-LP2M, Rektor Prof. Dr. M. Zainuddin menjelaskan keunikan keilmuan yang dianut UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Senin (14/11). Berbeda dengan UIN lainnya di Indonesia, konsep keilmuan yang diaplikasikan di kampus berlogo Ulul Albab ini adalah integrasi Islam dan sains. Hal ini merujuk pada status UIN Malang sebagai institusi pendidikan tinggi yang berbasis Islam dan berstatus negeri.

Prof. Zain juga menyatakan, integrasi keilmuan ini tak hanya milik dosen pengampu mata kuliah keagamaan saja. Seluruh staf pengajar di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki beban kewajiban yang sama dalam menyampaikan keilmuan sesuai bidang studi serta sentuhan Islami saat menyampaikan materi pada mahasiswa. Untuk itu, Pusat Studi Islam dan Sains menerbitkan buku berjudul "Falsafah Pendidikan dan Standar Kompetensi Lulusan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang".

Buku tersebut, merupakan manual book yang dibuat untuk menjadi acuan dalam implementasi integrasi keilmuan di lingkungan kampus. Dengan adanya panduan yang jelas, maka seluruh dosen diharapkan dapat mempraktikkan integrasi keilmuan dengan baik dan benar.

Untuk itu, Prof. Zain menegaskan bahwa jangan sampai ada dosen di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang tidak memahami konsep Integrasi Ilmu. Acara sosialisasi yang digagas Pusat Studi Islam dan Sains ini diharapkan menjadi wadah pembekalan bagi seluruh dosen, baik itu yang lama dan baru, dalam memantapkan penerapan integrasi ilmu di kelas masing-masing nantinya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up