SENAT Kunjungi UNESA Guna Matangkan Diri Menuju PTNBH
Jajang Ogi Wisono Jumat, 1 Desember 2023 . in Berita . 406 views
6366_unesa002.jpg

HUMAS UIN MALANG - Kamis (30/11/2023), SENAT UIN Maliki Malang berkunjung ke Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Pertemuan ini berlangsung di Meeting Room Gedung Rektorat Lt. 9, UNESA.

Kunjungan ini dipimpin langsung ketua SENAT UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, MAg., beserta seluruh anggota SENAT beserta tim teknis yang bertugas. Tujuannya, SENAT UIN Maliki Malang melakukan diskusi dan pembahasan mengenai realisasi PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) pada UIN Maliki Malang. Serta mendiskusikan apa dampak yang dirasakan setelah PTNBH terealisasi. Selain itu kegiatan ini juga mendiskusikan mengenai tata kelola SENAT. "Kami sampaikan maksud kedatangan kami ialah belajar mengenai perubahan PTNBH pada UIN Maliki malang, dan juga bagaimana tatakelola pada UNESA ini. Kami siap mendengarkan", ucap ketua SENAT UIN Maliki Malang.

6365_unesa001.jpg

Prof. Dr. Haris Suprapto, Ketua Majelis Wali Amanat UNESA menyamput baik kedatangan rombongan SENAT UIN Maliki malang. Beliau menceritakan awal mula tercapainya PTNBH pada UNESA. Seperti perlu disiapkannya dokumen yang tidak mudah, perlu disiapkan tim yang kuat dan tidak gampang mengeluh, melakukan harmonisasi terhadap 5 kementerian, menata keuangan, fasilitas, dan aset. Prof Haris juga menjelaskan beberapa tahapan lain yang dijelaskan secara terbuka, nanti setelah Rektor mempentuk tim khusus maka akan dijeladkan lebih rinci lagi. Beliau juga menjelaskan kekurangan dan kelebihan perubahan BLU menjadi PTNBH.

6369_unesa005.jpg

"Proses pengumpulan dokumen-dokumen ini tidak budah, maka dibutuhkan tim yang tangguh dan tidak mudah mengeluh. Setelah dokumen siap kita perlu melakukan harmonisasi kepada 5 kementerian RI, dan ini juga sangat tidak mudah. Apa UIN Malang sudah siap?", terang beliau sambil diselingi dengan candaan penuh tawa. "Dalam tata kelola SENAT jika sudah PTNBH juga mengalami perubahn peraturan. Tenang saja,  kami siap mendukung dan membantu UIN Maliki Malang untuk menjadi PTNBH", imbuh beliau.

6368_unesa004.jpg

Banyak hal baru yang menjadi catatan bagi SENAT UIN Maliki Malang dalam pertemuan ini. Diharapkan pertemuan ini dapat memperkuat kerjasama antar perguruan tinggi dan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan sistem pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya UIN Maliki Malang menuju PTNBH. (jj)

(Publisher)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up