12 PTN Se-Jatim Sepakat Berkontribusi Bangun Jawa Timur
Iffatunnida Rabu, 18 September 2024 . in Berita . 78 views
7826_lppm.jpeg


UIN MALANG-Tugas perguruan tinggi tidak hanya menyelenggarakan pendidikan bagi masyarakat. Tugas yang juga tak kalah penting ialah membangun masyarakat dari beragam aspek. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. Agus Maimun, M.Pd. pada Forum LPPM 12 PTN Se-Jawa Timur di Ijen Suites Resort & Convention, Kota Malang, Rabu (18/9).
Focus Group Discussion ini, menurut Prof. Agus, dimaksudkan untuk menjalin komunikasi serta kolaborasi program kerja LPPM. Fokusnya ialah dalam kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah. Target forum ini ialah terjalinnya kolaborasi perguruan tinggi antar peserta forum dalam ketiga bidang tersebut pada 2025. “Kita ingin Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Timur menyatu dalam memberikan kontribusi konkret bagi masyarakat di wilayah kita,” jelas Prof. Agus.

7827_lppm1.jpeg


Kolaborasi antar PTN mempercepat pencapaian visi-misi masing-masing perguruan tinggi. Gol-nya ialah agar setiap perguruan tinggi mendapat predikat yang lebih baik. Salah satu bidang yang bisa dilakukan ialah dalam pelaksanaan KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) kolaborasi antar-PTN. “Tentu fokusnya untuk membangun wilayah di Jawa Timur,” papar Prof. Agus Maimun.
Ia melanjutkan, masih banyak wilayah di Jawa Timur yang membutuhkan bantuan PTN dalam akselerasi pembangunan di berbagai bidang, yaitu Bidang Ekonomi, Bidang Pendidikan, dan Bidang Kesehatan. Ketiga bidang ini sudah menjadi tema KKM dua tahun belakangan, yakni mengatasi stunting dan kemiskinan ekstrem, menggemakan moderasi beragama, serta meningkatkan kesadaran pendidikan.
Forum LPPM PTN Se-Jawa Timur diikuti oleh peserta dari 12 PTN. Perwakilan masing-masing PTN ialah ketua LPPM, kepala pusat atau PIC Pusat Penelitian, Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, dan Pusat Publikasi Ilmiah. Ke-12 PTN berasal dari 8 PTKIN dan 4 PTN. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up