Rektor UIN Malang Serukan Pembangunan Fisik dan Non-Fisik di Jatim
Iffatunnida Rabu, 18 September 2024 . in Berita . 71 views
7828_lppm2.jpeg


UIN MALANG-Hadir dalam Forum LPPM PTN Se-Jawa Timur di Ijen Suites Resort & Convention, Kota Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA., Rektor UIN Malang, menyampaikan pentingnya kolaborasi PTN bagi wilayah sekitarnya, Rabu (18/9). Ia meyakini bahwa semua kolaborasi akan berimbas positif pada perkembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Forum ini merupakan follow-up dari paguyuban pimpinan PTN Se-Jawa Timur yang dilaksanakan di UPN Veteran, Surabaya.
Prof. Zain memaparkan, kontribusi perguruan tinggi di tengah masyarakat sangat krusial. Adanya campur tangan perguruan tinggi dalam pembangunan masyarakat, akan turut memajukan indeks kesejahteraan Indonesia. Salah satu kolaborasi yang sering dilakukan perguruan tinggi ialah pelaksanaan KKM di desa-desa di seluruh wilayah Jawa Timur. “Membangun desa tidak hanya dalam segi fisik, tapi juga non-fisik,” tegas Prof. Zain.
Pembangunan fisik, lanjut rektor UIN Malang, biasanya dinilai dari penataan desa, gapura, dan fasilitas-fasilitas lainnya. “Pembangunan non-fisik sering diabaikan,” imbuhnya. Apa saja bidang non-fisik yang perlu diperhatikan? Menurut Prof. Zain ada beberapa hal, “Menciptakan kondisi desa yang aman, rukun antar umat beragama, rendahnya tingkat kemiskinan ekstrem, serta tidak ada yang drop out dari sekolah.”
Maka dari itu, fokus KKM yang sering digaungkan PTN di Jawa Timur setidaknya ada tiga bidang, yaitu Pendidikan, Ekonomi, dan Kesehatan. Prof. Zain berharap, forum sehari ini dapat melahirkan gagasan yang baru dan inovatif untuk masyarakat, terutama mereka yang di level menengah ke bawah. “Tentu saja pembangunan yang ingin kita lakukan harus diawali dengan penelitian. Kemudian ditindaklanjuti dengan pengabdian kepada masyarakat agar lebih banyak lagi isu-isu kemasyarakatan yang dapat ditemukan,” jelasnya. Hasil riset dan pengabdian tersebut lah yang nantinya akan menjadi bahan ajar riil di kelas-kelas di perguruan tinggi. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up