Gelar Sport Days Satit Phatnawitya School Thailand oleh Mahasiswa KKM International UIN Malang
Abadi Wijaya Rabu, 24 Januari 2024 . in Berita . 228 views
6760_kkm.jpg

HUMAS UIN MALANG - Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan program pengabdian masyarakat di Thailand dalam bentuk “International of Community Engagement Program”. Program ini dilaksanakan mulai tanggal 04 Januari sampai 04 Pebruari 2024, bekerjasama dengan Al Hidayah Waqaf Foundation for Education and Social Development, Songkhla Thailand.

“Yayasan al Hidayah Waqaf Foundation ini menaungi sekitar seratus lembaga pendidikan dan sosial di seluruh wilayah Thailand. Oleh karena itu kami sangat senang jika ada saudara kami dari Indonesia yang mengirim mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan di sini. Tentu hal ini akan membantu mempermudah pelaksanaan program kerja yayasan sosial”ujar Adul Meatam, direktur yayasan.

Pria bersahaja yang fasih berbahasa Indonesia itu sangat berharap kehadiran mahasiswa Indonesia lebih banyak lagi.
Kegiatan pengabdian berpusat di tiga tempat meliputi Santiwittaya School Pattani, Muslimeen Suksa School Hat Yai, dan Satit Phatnawitya Yala. Di lokasi terakhir ini peserta pengabdi dari UIN Malang membantu kegiatan ‘Sport Days’ yang berlokasi di Yalla Stadium Futsal dan Chang Phueak Stadium Yala Thailand. Kegiatan dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 21- 24 Januari 2024.

6761_kkm.jpg

Sport Days adalah ajang kompetisi olahraga tahunan yang diselenggrakan oleh Kementerian Olahraga Thailand. Seluruh sekolah di Thailand secara rutin menyelenggarakan kegiatan Sport Days disetiap tahunnya dengan waktu pelaksanaan yang berbeda-beda, sesuai jadwal pelaksanaan dari lembaga tersebut. Cabang yang dilombakan meliputi sepak bola, tarik tambang, lari estafet, basket, bola voli, dan lainnya. Seluruh siswa, guru, dan wali murid berpartisipasi dalam acara tersebut, mulai dari kindergarten, primary, dan secondary. Dalam acara ini para siswa dibagi menjadi empat tim meliputi red team, green team, yellow team, dan pink team.
“Kegiatan Sport Days tahun ini dilaksanakan selama empat hari. Pada akhir kegiatan saaat ini ada pertunjukkan penampilan siswa dari kindergarten dan primary. Tema pertunjukkan mengusung Free Palestine” jelas Rosdee Mangkachi, direktur Satit Phatnawitya School.

6762_kkm.jpg

Kegiatan tahunan ini merupakan kegiatan yang meriah dan selalu ditunggu oleh siswa dan wali murid. “Ini merupakan acara tahunan yang sangat meriah dan saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam acara ini. Karena para orang tua turut hadir untuk menyaksikan penampilan anaknya” ujar Harif siswa primary 6. Ada beberapa jenis lomba yang juga diikuti oleh wali murid dan guru seperti tarik tambang dan sepak bola.

Pada acara sesi penutupan diisi dengan beberapa penampilan daerah. Guru dari Philipina menampilkan dance dan Mahasiswi UIN Malang menampilkan tarian daerah dari Indonesia. Penarinya yaitu empat mahasiswa dari prodi Farmasi yaitu Afrih Namya Qayyima, Bella Tri Yuliana Putri, Hawa Ainul Fanfa, Rara Puspita Putri. Dua mahasiswa dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Annis Nur Jamilah, Farhana Izzatul Humairoh. Satu mahasiswa prodi Sastra Arab, Prafitriyani Putri. Dan satu mahasiswa prodi Manajemen yaitu Aida Fitriah. (Kontributor Farhana Izzatul Humairoh & Syaiful Mustofa).

HUMAS

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up