Keterlibatan Mahasiswa KKM dalam Posyandu Lansia Memperkuat Pelayanan Kesehatan Masyarakat
Abadi Wijaya Sabtu, 20 Januari 2024 . in Berita . 210 views
6679_posy.jpg

HUMAS UIN MALANG - Dalam upaya meningkatkan kesehatan lansia desa Karangnongko kecamatan Poncokusumo, mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) turut serta aktif dalam mendukung Posyandu Lansia bulan Januari.

Terdapat 5 dusun (Nongkosewu, Karanganyar Lor, Baran, Paras, dan Tenggeran) yang dilibatkan dengan total 12 pos posyandu. Menariknya, posyandu umumnya diadakan di rumah kepala dusun, rumah Pak RW, rumah kader yang memudahkan akses bagi warga setempat.

Posyandu dusun Nongkosewu memiliki jumlah pasien terbanyak yaitu 198 lansia. Disusul Baran (151), Paras (126), Tenggeran (98), lalu Karanganyar Lor (60). Kegiatan ini dikoordinir oleh perawat berdedikasi, Bu April, yang juga mengasuh Posyandu Jiwa di kediamannya. Posyandu jiwa ini merawat 12 pasien ODGJ yang diusung perawat, bidan, dokter jiwa, dan 5 kader kesehatan.

6680_posyd.jpg

Antusiasme mahasiswa KKM terlihat dalam kontribusinya di masyarakat. Dengan semangat tinggi, mereka membantu dalam pelayanan kesehatan, edukasi, dan memperkuat kolaborasi antara posyandu dan masyarakat.

"Alhamdulillah kami mendapatkan banyak pengalaman mulai dari memeriksa status kesehatan lansia sampai memahami obat-obatan yang diperlukan untuk menunjang kesehatan lansia serta yang lebih penting adalah menambah ilmu bermasyarakat," tanggap Shella Al Miranda, mahasiswa KKM desa Karangnongko.

Pentingnya peran kader kesehatan tampak dari total 30 kader kesehatan posyandu lansia dan 5 posyandu PTM, mendukung upaya pencegahan dan perawatan kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

Kolaborasi antara mahasiswa KKN, perawat Bu April, dan kader kesehatan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan lansia dan memperkuat jejaring pelayanan kesehatan di tingkat desa.

"Semoga jumlah kunjungan pasien posyandu lansia meningkat. Untuk posyandu jiwa harapannya pasien ODGJ diberi pekerjaan/kegiatan keterampilan yang nantinya produk tersebut dijual dan mendapatkan uang. Dengan begitu, pasien akan merasa diharga sehingga lebih cepat pulih," harap perawat desa Karangnongko.

 

Reporter: Raalins W

Fotografer: Shella Al Miranda (KKN Desa Karangnongko)

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up